TESIS: KEPUASAN KERJA KARYAWAN BANK DANAMON SIMPAN PINJAM UNIT

RINGKASAN

Oleh: Nike Ardyanti (1)

Kepuasan kerja adalah sikap umum terhadap pekerjaan seseorang yang menunjukkan perbedaan antara jumlah penghargaan yang diterima pekerja dan jumlah yang mereka yakini seharusnya mereka terima. Salah satu penentu kepuasan kerja pegawai adalah faktor pekerjaan itu sendiri. Pegawai yang menganggap pekerjaannya membosankan, kurang menantang dan tidak membantu dirinya berkembang, tidak akan dapat berkonsentrasi penuh dalam bekerja sehingga apa yang mereka hasilkan menjadi tidak maksimal. Sebaliknya pegawai yang merasa pekerjaannya menantang, berguna bagi orang banyak, dan membantu mereka dalam berkembang akan secara maksimal melakukan pekerjaannya.

Rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini: Bagaimanakah kepuasan kerja karyawan Bank Danamon Simpan Pinjam Unit Panorama Bengkulu ditinjau dari kerja secara mental menantang, ganjaran yang pantas, kondisi kerja yang mendukung, rekan kerja yang mendukung, dan kesesuaian kepribadian dengan pekerjaan.  Sesuai dengan masalah penelitian, maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini: Mengetahui kepuasan kerja karyawan Bank Danamon Simpan Pinjam Unit Panorama Bengkulu ditinjau dari kerja secara mental menantang, ganjaran yang pantas, kondisi kerja yang mendukung, rekan kerja yang mendukung, dan kesesuaian kepribadian dengan pekerjaan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Bank Danamon Simpan Pinjam Unit Panorama Bengkulu yang berjumlah 34 orang diambil dengan metode sensus. Kemudian untuk memperjelas informasi mengenai kepuasan kerja peneliti melakukan wawancara kepada 8 orang karyawan.

Sebelum dilakukan analisis deskriptif data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan langkah-langkah sebagai berikut: Editing, merupakan pengecekan kembali apakah isian pada kuesioner tentang kepuasan kerja sudah lengkap sehingga dapat diproses lebih lanjut,  Coding, merupakan kegiatan merubah data berbentuk huruf menjadi data bilangan dengan memberikan kode-kode dalam bentuk skor pada kuesioner tentang kepuasan kerja, Entry, data yang telah didapat dari kuesioner tentang kepuasan kerja kemudian dikelompokkan berdasarkan kebutuhan peneliti dan dimasukan kedalam komputer, dan cleaning, sebelum melakukan analisis, data yang sudah dimasukan ke dalam  komputer atau program SPSS dilakukan pengecekan kembali untuk melihat kelengkapan data yang dimasukkan. Analisis data yang dugunakan adalah analisis deskriptif dan analisis data kualitatif yaitu: Data reduction, Data display, dan Data conclusion drawing/verification.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan Bank Danamon Simpan Pinjam Unit Panorama Bengkulu mengalami kerja secara mental menantang dengan katagori tinggi, ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja karyawan sudah baik, berarti karyawan sudah merasa puas. Penelitian juga menunjukkan ganjaran yang pantas dengan katagori tinggi. Ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja karyawan sudah baik, berarti karyawan Bank Danamon Unit Simpan Pinjam Panorama Bengkulu sudah merasa puas. Demikian pula dengan kondisi kerja yang mendukung katagori tinggi. Ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja karyawan Bank Danamon Simpan Pinjam Unit Panorama Bengkulu sudah baik, dalam arti karyawan sudah merasa puas.  Dilihat dari kondisi rekan kerja yang mendukung dengan katagori tinggi. Maka dapat disimpulkan kepuasan kerja karyawan Bank Danamon Simpan Pinjam Unit Panorama Bengkulu sudah merasa puas sedangkan kesesuaian kepribadian dengan pekerjaan katagori tinggi. Maka dapat dikatakan bahwa kepuasan kerja karyawan sudah baik, berarti karyawan Bank Danamon Unit Simpan Pinjam Panorama Bengkulu sudah merasa puas.

Kepuasan kerja ditinjau pekerjaan yang secara mental menantang, hendaknya pimpinan dapat terus memberikan kebebasan kepada karyawan dalam melakukan pekerjaan tanpa adanya tekanan, sehingga pekerjaan yang dilakukan karyawan dapat lebih baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Kepuasan kerja ditinjau Ganjaran yang pantas pimpinan dapat mempertahankan dan meningkatkan lagi upah sesuai dengan tingkat pendidikan dan pekerjaan yang dilakukan karyawan, sehingga karyawan dapat puas dalam melaksanakan pekerjaan.

Kepuasan kerja ditinjau kondisi kerja yang mendukung, hendaknya pimpinan dapat lokasi baru yang lokasi tidak terlalu dekat dengan Pasar sehingga dapat mengurangi tingkat kebisingan, agar karyawan dapat fokus dan bekerja dengan baik. Kepuasan kerja ditinjau rekan kerja yang mendukung, hendaknya atasan dapat memberikan umpan balik pada setiap pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan karyawan,  dengan adanya umpan balik dari atasan terhadap pekerjaan yang dilakukan karyawan, maka karyawan merasa adanya bimbingan dari atas dari pekerjaan yang dilakukannya sehari-hari, sehingga karyawan merasa diperhatikan dan merasa puas dalam melaksanakan pekerjaannya. Kepuasan kerja ditinjau dari kesesuaian keperibadian dengan pekerjaan Pimpinan hendaknya dapat menempatkan karyawan sesuai dengan ilmu pengetahuan yang mereka miliki atau basic pendidikan yang sesuai dengan pekerjaan mereka.

https://lubmazresearch.wordpress.com

Contact person. 081273221213

Diterbitkan oleh Hadi Saputra, SKM., M.Si.

Hadi Saputra, SKM, M.Si anak dari Alm Subhan Rubama dan Azizah mempunyai seorang istri bernama Harpi Nusanti, SKM dan Empat orang anak perempuan yang bernama Lubna Afiyah, Mazaya Afifah, Alilah Afiqah, dan Alayyah Afinah Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik S2 Ilmu Administrasi Universitas Bengkulu.

21 tanggapan untuk “TESIS: KEPUASAN KERJA KARYAWAN BANK DANAMON SIMPAN PINJAM UNIT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: