HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DOKTER DAN PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD

ABSTRAK

Hendra Haryadi 2007

Berdasarkan observasi peneliti dan wawancara di Rumah Sakit dr. M. Yunus Bengkulu masih ada keluhan dari pasien berupa lambannya pertolongan perawat bila ada pasien yang baru masuk diruang melati di dalam memberikan Asuhan Keperawatan. Pada pelayanan Dokter jika pasien membutuhkan Dokter kadang-kadang tidak ada di tempat biasanya menghubungi Dokter yang ada di ruang UGD.

Kepuasan pasien/pelanggan adalah sebagai respons pelanggan/pasien  terhadap ketidaksesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dan kinerja aktual yang dirasakannya setelah pemakaian. Penelitian ini dilakukan di Ruang Rawat Inap Melati RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu dengan tujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan Dokter dan perawat terhadap kepuasan pasien.

Penelitian ini dilakukan dengan rancangan Study Cross Sectional dengan jumlah sampel 100 orang responden. Analisa data yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Statistik Chi-Square.

Hasil penelitian pada mutu pelayanan Dokter terhadap kepuasan pasien adalah Chi-Square = 9,143 dengan asymp Sig =0,002 < 0,05 dan Contingency Coefficient = 0,328 dengan Approx Sig = 0,001 < 0,05 berarti signifikan dan hubungan mutu pelayanan Perawat terhadap kepuasan Pasien adalah Chi-Square = 22,447 dengan asymp Sig =0,000 < 0,05 dan Contingency Coefficient = 0,494 dengan Approx Sig = 0,000 < 0,05 berarti signifikan.

Hal ini diperlukan peningkatan mutu Pelayanan Dokter dan Perawat dalam bidang pelayanan perawatan demi meningkatkan kepuasan pasien di ruang Rawat Inap Melati RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu.

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Http://lubmazresearch

Contact person. 081273221213

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.