TESIS : STUDI TENTANG KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI BAGIAN PENGENDALIAN PENYAKIT DAN PENYEHATAN LINGKUNGAN (P2PL) DINAS KESEHATAN

RINGKASAN

Oleh Nuspianah

Motivasi pada dasarnya adalah melakukan penyesuaian kebutuhan organisasi dengan kebutuhan karyawan, penyesuaian kegiatan yang dimiliki organisasi dengan kegiatan karyawan serta penyesuaian tujuan yang dimiliki organisasi dengan tujuan karyawan. Banyak faktor yang mempengaruhi motivasi kerja seseorang dalam suatu organisasi, namun bisa dikelompokkan menjadi dua bagian besar,  pertama yaitu faktor internal dalam diri individu itu sendiri seperti tingkat pendidikan, pengalaman-pengalaman masa lampau, harapan-harapan dan kebutuhan masing-masing individu, sedangkan yang kedua yaitu faktor eksternal seperti kenyamanan dan keamaman lingkungan kerja serta faktor kepemimpinan yang ada di organisasi tersebut.   Perusahaan ataupun orang sebagai pribadi sering memberikan harapan dalam bentuk materi yang diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan karyawan  atau orang lain. Dalam perusahaan harapan ini sering disebut kompensasi.  Peran kompensasi sangat penting untuk memotivasi seseorang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kepemimpinan dan kompensasi terhadap motivasi kerja pegawai Bagian Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuntitatif dengan rancangan corelation study. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Bagian Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu yang berjumlah 55 orang dengan metode sensus yaitu semua populasi diambil semua. Teknik analisis kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini di analisis dengan uji Regresi  Linear berganda.

Dari hasil penelitian tersebut faktor kepemimpinan katagori cukup baik dan kompensasi katagori cukup baik dan motivasi kerja katagori cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan dan kompensasi berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja pegawai Bagian Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. Terkait dengan kondisi diatas sebaiknya Bagian Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu dapat mempertahankan dan meningkatkan faktor kepemimpinan dan kompensasi serta motivasi kerja yang sudah baik dan memperbaiki yang rendah atau masih cukup baik.

Kata Kunci: Kepemimpinan; Kompensasi; Motivasi Kerja

http://lubmazreserach.wordpress.com

Contact person. 081273221213

Diterbitkan oleh Hadi Saputra, SKM., M.Si.

Hadi Saputra, SKM, M.Si anak dari Alm Subhan Rubama dan Azizah mempunyai seorang istri bernama Harpi Nusanti, SKM dan Empat orang anak perempuan yang bernama Lubna Afiyah, Mazaya Afifah, Alilah Afiqah, dan Alayyah Afinah Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik S2 Ilmu Administrasi Universitas Bengkulu.

24 tanggapan untuk “TESIS : STUDI TENTANG KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI BAGIAN PENGENDALIAN PENYAKIT DAN PENYEHATAN LINGKUNGAN (P2PL) DINAS KESEHATAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: