HUBUNGAN USIA LANJUT DENGAN KEJADIAN KATARAK PASIEN YANG BEROBAT DI POLI MATA RSUD

ABSTRAK

By. Roni. W

Survey awal hasil wawancara dengan petugas Poli Mata RSUD Dr. M Yunus Bengkulu, mengatakan bahwa sebagian besar pasien katarak yang berkunjung dengan usia diatas 45 tahun. Sedangkan pasien yang usianya dibawah 45 tahun mengalami penyakit mata lainnya seperti glaukoma, katarak yang disebabkan penyakit diabetes militus. penelitian bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran usia lanjut, kejadian katarak, dan mengetahui hubungan usia lanjut dengan kajadian katarak pada pasien yang berobat di Poli Mata RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu Tahun 2009

Usia lanjut adalah proses yang terus-menerus berlanjut secara alamiah, dimulai sejak lahir dan umumnya dialami oleh semua mahluk hidup. Katarak adalah setiap kekeruhan pada lensa yang terjadi akibat hidrasi (penambahan cairan) lensa, denaturasi protein lensa dan akibat kedua-duanya.

Penelitian ini deskriftif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini diambil 10% dari populasi yang berjumlah 156 pasien katarak yang berobat di Poli Mata pada Tahun 2009. Tehnik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan interval sepuluh. Untuk mengetahui hubungan antara Usia Lanjut dengan Kejadian Katarak pasien Poli Mata RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu dengan menggunakan uji chi Square.

Hasil penelitian di Poli Mata RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu Tahun 2009 menunjukkan sebagian besar responden dengan katagori pra usia lanjut (48,7%), sebagian besar responden mengalami kejadian katarak (72,4%) dan ada hubungan yang signifikan antara usia lanjut dengan kejadian katarak di dapat nilai X2=10.904 dengan p=0.004<0,05.

Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi pihak RSUD Dr. M Yunus Propinsi Bengkulu terutama petugas Poli Mata dalam memberikan komunikasi informasi dan edukasi kepada pasien usia lanjut yang berkunjung

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Situs http://lubmazreserach.wordpress.com

cell phone : 081273221213

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.