HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN MEKANISME KOPING PADA PASIEN GAGAL GINJAL YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI UNIT HEMODIALISA RSUD

ABSTRAK

By. Weti, D

Dukungan sosial yang diterima seseorang dalam lingkungannya, baik berupa dorongan semangat, perhatian, penghargaan, bantuan maupun kasih sayang membuatnya akan memiliki pandangan positif terhadap diri dan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Dukungan Sosial Keluarga dan Mekanisme Koping Pasien Gagal Ginjal yang Menjalani Hemodialisa di Unit Hemodialisa RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu.

Jenis  penelitian survey analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi meliputi pasien yang mengalami gagal ginjal yang menjalani Hemodialisa di Unit Hemodialisa RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu bulan Januari-Desember 2010. Dalam penelitian ini sampel sebesar 25% dari populasi maka sampel di dapat 50 pasien. Teknik pengambilan sampel accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat. Untuk melihat hubungan dua variabel menggunakan uji statistik uji chi square.

Penelitian menunjukkan dari 50 responden sebanyak 25 responden memiliki dukungan sosial keluarga rendah dan sebanyak 29 responden sumber stress teratasi. Dari 25 responden yang memiliki dukungan sosial rendah sebanyak 20 responden dengan sumber tidak stress teratasi dan dari 25 responden yang memiliki dukungan sosial tinggi sebanyak 9 responden dengan sumber tidak stress teratasi. Hasil uji statistik chi square menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara Dukungan Sosial Keluarga dan Mekanisme Koping Pasien Gagal Ginjal yang Menjalani Hemodialisa di Unit Hemodialisa RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu.

Bagi keluarga pasien dengan gagal ginjal kronik diharapkan menambah pengetahuan keluarga dalam memberikan dukungan kepada keluarga secara maksimal yang mengalami tindakan hemodialisa.

Kata Kunci: Dukungan Sosial, Mekanisme Koping

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Situs http://lubmazreserach.wordpress.com.

cell phone 081273221213

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.