HUBUNGAN UMUR DAN SUHU TUBUH DENGAN KEJANG DEMAM PADA BALITA DI RUANG RSUD TAHUN 2009

ABSTRAK

By. Supatno

Kejang demam adalah kejang yang terjadi pada saat seorang bayi atau anak mengalami demam tanpa infeksi sistem saraf pusat. Prevalensi kejang demam sekitar 2-5 persen pada anak balita. Kejang Demam pada anak-anak dapat mengakibatkan gangguan perkembangan neorologi. Umumnya terjadi pada anak umur enam bulan sampai lima tahun. Insidens tertinggi pada anak umur 17 sampai 23 bulan.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan umur dan suhu tubuh dengan kejang demam pada balita di ruang Melati RSUD dr. M.Yunus Bengkulu tahun 2009. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 12 s.d 26 Agustus 2009 dengan menggunakan rancangan Cross Sectinal, sampel yang digunakan adalah total sampling dengan responden sebanyak 68 balita dan jenis data yang diambil adalah data sekunder. Dari hasil penelitian didapatkan ada hubungan berdasarkan uji Chi-Square didapat nilai r = 0,000 karena nilai r < 0,05 pada taraf signifikansi 5% (a = 0,05) dan nilai r = 0,003 karena nilai r < 0,05 pada taraf signifikansi 5% (a = 0,05) sehingga Ha diterima atau Ho ditolak dimana hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan umur dan suhu tubuh dengan demam kejang di ruang Melati  RSUD dr. M. Yunus Bengkulu tahun 2009. Diharapkan dapat memberikan penyuluhan kepada orang tua balita  tentang penanganan kejang demam karena pada balita sangat rentan untuk terjadi kejang demam.

Kata kunci                 : Umur, Suhu Tubuh,Kejang Demam

Daftar pustaka          : 2001 – 2009

 

Diterbitkan oleh Hadi Saputra, SKM., M.Si.

Hadi Saputra, SKM, M.Si anak dari Alm Subhan Rubama dan Azizah mempunyai seorang istri bernama Harpi Nusanti, SKM dan Empat orang anak perempuan yang bernama Lubna Afiyah, Mazaya Afifah, Alilah Afiqah, dan Alayyah Afinah Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik S2 Ilmu Administrasi Universitas Bengkulu.

2 tanggapan untuk “HUBUNGAN UMUR DAN SUHU TUBUH DENGAN KEJANG DEMAM PADA BALITA DI RUANG RSUD TAHUN 2009

  1. tolong bantu aq donk kirim hubungan umur dan suhu tubuh dengan kejang demam pada balita dengan lengkap
    makasih..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: