FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN METODA KONTRASEPSI PADA PUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS

ABSTRAK

Kontrasepsi adalah upaya untuk mencegah terjadinya kehamilan upaya ini dapat bersifat sementara dapat pula bersifat permanent. Kontrasepsi sederhana suatu cara yang dapat dikerjakan sendiri oleh peserta keluarga berencana, tanpa pemeriksaan medis terlebih dahulu. Kontrasepsi efektif suatu cara yang dalam penggunaannya mempunyai efektivitas/tingkat kelangsungan pemakaian relatif lebih tinggi serta angka kegagalan relatif lebih rendah bila dibandingkan dengan metode kontrasepsi sederhana. Kontrasepsi mantap atau sterilisasi merupakan metode KB yang paling efektif, mudah dan aman serta mempunyai nilai demograsi yang tinggi.

Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Basuki Rahmad Kota Bengkulu dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemilihan metoda kontrasepsi pada PUS di wilayah kerja Puskesmas Basuki Rahmad Kota Bengkulu tahun 2005, dengan jenis penelitian merupakan penelitian observasi dengan desain penelitian cross sectional  dan menggunakan Uji Chi Square.

Hasil penelitian variabel independent didapat faktor pendidikan dasar 36 responden, pendidikan menengah 62 responden, pendidikan tinggi 2 responden, faktor pengetahuan kurang 32 responden, pengetahuan baik 68 responden dan faktor  jumlah anak dengan keluarga kecil 49 responden, dan keuarga besar 51 responden. Pada variable dependen yaitu metoda kontrasepsi sederhana 30 responden, metoda kontrasepsi efektif 40 responden dan metoda kontrasepsi mantap 30 responden. Hasil perhitungan  uji korelasi Chi Square nilai p value = 0,000 < 0,05 berarti ada hubungan antara pendidikan dengan pemilihan metoda kontrasepsi, nilai P value = 0,028 < 0,05  berarti ada hubungan antara pengetahuan dengan pemilihan metoda kontrasepsi dan nilai p value = 0,000 < 0,05 berarti ada hubungan antara Jumlah anak dengan pemilihan metoda kontrasepsi.

Perlu dilakukan upaya pembinaan yang dilakukan oleh Puskesmas melalui kerja sama dengan BKKBN, Posyandu, PKK, arisan dan pada Pasangan Usia Subur tidak hanya kepada Ibu-ibu melain juga kepada Bapak-bapak agar memahami metoda mana yang cocok untuk digunakan untuk terciptanya keluarga yang sejahtera, sehat, maju dan mandiri juga memiliki jumlah anak yang ideal, harmonis dan berwawasan kedepan dan bertanggung jawab.

 http://lubmazresearach.wordpress.com

Cell Phone 081273221213

Diterbitkan oleh Hadi Saputra, SKM., M.Si.

Hadi Saputra, SKM, M.Si anak dari Alm Subhan Rubama dan Azizah mempunyai seorang istri bernama Harpi Nusanti, SKM dan Empat orang anak perempuan yang bernama Lubna Afiyah, Mazaya Afifah, Alilah Afiqah, dan Alayyah Afinah Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik S2 Ilmu Administrasi Universitas Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: