HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN IBU DENGAN MANAJEMEN LAKTASI DI WILAYAH PUSKESMAS

Abstrak

Salah satu upaya yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas SDM adalah dengan pemberian Air Susu Ibu (ASI) pada bayi. Salah satu langkah dan teknik dalam pemberian ASI adalah menyusui yang benar melalui manajemen laktasi sehingga dapat menunjang keberhasilan menyusui yang dilakukan terutama dimulai pada masa kehamilan, segera setelah persalinan dan pada masa menyusui selanjutnya. Masalah cakupan ASI eksklusif di Puskesmas Lingkar Timur masih rendah (10,77%) bila dibanding target nasional (80%) dipengaruhi oleh pengetahuan dan pendidikan ibu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan pendidikan ibu dengan pelaksanaan manajemen laktasi.

Metode Penelitian : penelitian ini dengan menggunakan diskriptif analititk dengan desain cross sectional dengan menggunakan data primer. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan chi–square.

Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini ibu yang memiliki pengetahuan kurang menunjukkan X2 hitung 33,661 > X2 tabel 3,84 dengan p = 0,00 < 0,005, sedangkan ibu yang memiliki pendidikan rendah menunjukkan X2 hitung 1,875 < X2 tabel 3,84 dengan p = 0,171 > 0,05.

Kesimpulan : Ada hubungan pengetahuan ibu tentang manajemen laktasi dengan pelaksanaan manajemen laktasi dan tidak ada hubungan pendidikan ibu dengan pelaksanaan manajemen laktasi.

Kata Kunci : Pengetahuan, pendidikan,  manajemen laktasi

https://lubmazresearch.wordpress.com

Cell Phone 081273221213

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.