Hubungan Tingkat Pendidikan dan pengetahuan Ibu Nifas dan Dukungan Suami dengan Kepatuhan dalam Menkonsumsi Vitamin A di Wilayah Puskesmas Tahun 2010

ABSTRAK

Salah satu penyebab buta pada ibu nifas  secara langsung adalah kekurangan Vitamin A (KVA). Tanda-tanda permulaan gangguan penglihatan sebagai akibat dari kekurangan  Vitamin A  ialah menurunnya kesanggupan untuk dapat  melihat dalam cahaya yang samar-samar.

Masalah dalam penelitian ini adalah tingkat pendidikan, pengetahuan ibu nifas dan dukungan suami  dengan kepatuhan dalam mengkonsumsi Vitamin A di Wilayah Puskesmas Batu Bandung Kabupaten Kepahiang Tahun 2010.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan, pengetahuan ibu nifas dan dukungan suami dengan kepatuhan dalam mengkonsumsi Vitamin A di Wilayah Puskesmas Batu Bandung Kabupaten Kepahiang Tahun 2010.

Metode penelitian adalah observasional analitik rancangn cross sectional, yang diteliti adalah tingkat pendidikan, pengetahuan ibu nifas, dukungan suami dan kepatuhan dalam mengkonsumsi Vitamin A. Pengolahan data dengan tahapan editing, coding, processing dan cleaning kemudian di analisis dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan uji chi square.

Hasil penelitian diperhitungkan secara chi square dengan hasil (1) Terdapat hubungan pendidikan Ibu nifas dengan kepatuhan dalam mengkonsumsi Vitamin A. (2). Terdapat hubungan pengetahuan Ibu nifas dengan kepatuhan dalam mengkonsumsi Vitamin A. (3). Terdapat hubungan dukungan suami dengan kepatuhan dalam mengkonsumsi Vitamin A di Wilayah Puskesmas Batu Bandung Kabupaten Kepahiang Tahun 2010.

Bagi petugas program Gizi Puskesmas Batu Bandung diharapkan memberikan penyuluhan kepada keluarga (Suami dan Istri) di wilayah kerja Puskesmas Batu Bandung dapat memberikan penyuluhan tentang pentingnya Vitamin A bagi ibu nifas, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan mereka tentang Vitamin A.

Kata Kunci: Pendidikan, pengetahuan, Dukungan

Diterbitkan oleh Hadi Saputra, SKM., M.Si.

Hadi Saputra, SKM, M.Si anak dari Alm Subhan Rubama dan Azizah mempunyai seorang istri bernama Harpi Nusanti, SKM dan Empat orang anak perempuan yang bernama Lubna Afiyah, Mazaya Afifah, Alilah Afiqah, dan Alayyah Afinah Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik S2 Ilmu Administrasi Universitas Bengkulu.

6 tanggapan untuk “Hubungan Tingkat Pendidikan dan pengetahuan Ibu Nifas dan Dukungan Suami dengan Kepatuhan dalam Menkonsumsi Vitamin A di Wilayah Puskesmas Tahun 2010

  1. PAK ady saya butuh bantuan…
    masalah KTI kbetulan bgd judul KTI saya sama dengan skripsi yg tuliz bpk, saya butuh info ttg reverensinya apa2 saja?

    Suka

    1. pengetahuan pakai Notoatmodjo, 2006 promosi kesehatan

      pewndidikan pakai bruner and sudart 2002

      mansjoer arief 2002 dan 2001

      secra detailnya saya ngak hapal

      Suka

      1. pak xlo liat contohnya skripsi lbh lengkap dari bab 1 smpe selse ada gk pak????supaya saya ada panduan gt,sya judulnya cuman bedanya di tingkat pendidikan ,punya saya gk ada

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: