Hubungan Pengetahuan Dan Upaya Pencegahan Dengan Tingkat Kekambuhan Penyakit Asma Bronkiale Di Poli Paru RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu

ABSTRAK

 

Dari hasil observasi lakukan pada tanggal 31 Januari 2011 dari data catatan Medikal Record di poli paru RSUD M. Yunus Bengkulu Pada tahun 2008 penderita Asma berjumlah 547,pada tahun 2009 berjumlah 560 dan Pada Tahun 2010 berjumlah 557 Data di atas menunjukkan bahwa dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2010 terlihat masih tingginya angka kekambuhan pada pasien yang menderita Asma Bronkiale di poli paru RSUD M. Yunus Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan upaya pencegahan dengan tingkat kekambuhan penyakit Asma Bronkiale pada pasien di poli paru RSUD Dr. M Yunus Bengkulu.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini  adalah semua pasien Asma Bronkiale yang datang berkunjung ke poli paru RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu pada tahun 2010 yang berjumlah 557 orang diambil secara accidental sampling berjumlah 56 responden. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner.

Pada pengetahuan. Hasil dari 56 responden, terdapat 46 responden (82.1%) yang memiliki pengetahuan kurang, 7 responden (12.5%) yang memiliki pengetahuan cukup,3 responden (5.4 %) yang memiliki pengetahuan baik.Pada Upaya pencegahan Hasil dari 56 responden, terdapat 29 responden (51.8%) yang memiliki upaya pencegahan kurang, 27 responden (48,2%) yang memiliki upaya pencegahan baik.Pada tingkat kekambuhan Hasil dari 56 responden,terdapat 9 responden (16.1%) yang memiliki tingkat kekambuhan ringan, 20 responden (35.7%) yang memiliki tingkat kekambuhan sedang, 27 responden (48.2%) yang memiliki tingkat kekambuhan berat.Berdasarkan uji statistik chi – square dengan nilai α =0,05 dengan nilai P =0.000 menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dan upaya pencegahan dengan tingkat kekambuhan penyakit asma bronkiale.

Kepada Perawat Poli Paru RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu hendaknya dapat memberikan penyuluhan kepada pasien asma, agar dapat mengurangi tingkat kekambuhan penyakit asma bronkiale.

 Kata Kunci : Pengetahuan, Upaya Pencegahan, Tingkat Kekambuhan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.