ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PERPINDAHAN MEREK (BRAND SWITCHING) NASABAH DEPOSITO

RINGKASAN

RINGKASAN

Keputusan konsumen untuk berpindah merek tidak hanya disebabkan oleh ketidakpuasannya terhadap merek produk yang digunakan sebelumnya. Keputusan konsumen merupakan fenomena kompleks yang dipengaruhi oleh banyak faktor-faktor perilaku, gaya hidup, persaingan, waktu dan sebagainya. Hasil wawancara pada salah satu Nasabah Bank BNI yang berpindah deposito ke Bank BNI, mengatakan bahwa ia berpindah deposito dikarenakan suku bunga yang ditawarkan Bank BNI lebih besar dan dikarenakan jarak tempat tinggal mereka tidak jauh dari Bank BNI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang mempengaruhi Perpindahan Merek Nasabah Deposito.

Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah Deposito Bank BNI Bengkulu yang berjumlah 800 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan porposive sampling. Analisis faktor digunakan adalah pengujian yang dilakukan meliputi uji KMO dan Bartlett’s test of sphericity, dan uji MSA. Variabel yang dikatakan layak jika nilai KMO pada anti-Image Matrices > 0,5 dan jika lebih kecil dari 0,5 maka variabel tersebut harus dikeluarkan dari analisis. Kemudian, pembentukan faktor baru dari 1,0. Karena analisis faktor termasuk ke dalam golongan multivariate analysis dan sangat rumit jika dihitung secara manual, maka proses perhitungan dan pengolahannya dilakukan dengan bantuan program SPSS.

Hasil reduksi 18 faktor-faktor yang mempengaruhi  perpindahan merek nasabah deposito BNI Bengkulu didapat 6  faktor terbentuk, yaitu ingin mencari variasi (0.535), keinginan sendiri (perasaan individu) (0.810), fasilitas tidak lengkap (613), terjadi kesalahan pada pelayanan sebelumnya (0,782), dan lambatnya perbaikan kesalahan (0.651) serta jarak rumah (0.541). Faktor faktor inilah yang menyebabkan terjadinya perpindahan merek.

Kepada Bank BNI Bengkulu hendaknya memperhatikan kebutuhan Nasabah yang berpindah deposito ke BNI. Dengan memperhatikan Fasilitas, mengurangi kesalahan dalam pelayanan, mempercepat perbaikan kesalahan. Apabila ini dapat diperhatikan dengan baik, maka nasabah deposito BNI Bengkulu akan bertahan lebih lama mendepositokan uangnya di Bank BNI dan tidak terjadi perpindahan.

Kata Kunci: Perpindahan Merek, Nasabah Deposito Bank BNI

(1) Calon Magister Manajemen

(2) Dosen Pembimbing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.