SISTEM PENGELOLAAN OBAT DI GUDANG FARMASI

ABSTRAK

Hasil wawancara dengan staf di Gudang Farmasi pada tanggal 7 Februari 2011 mengatakan bahwa penyimpanan obat-obat disimpan tidak pada tempatnya. Pengelolaan obat sangat penting karena akan menjamin pelayanan yang cepat dan tepat. Menyimpan, memelihara, dan mendistribusikan perbekalan farmasi, menyiapkan penyusunan, pencatatan pelaporan mengenai persediaan dan penggunaan perbekalan farmasi, dan mengamati mutu dan khasiat obat yang disimpan. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui Sistem Pengelolaan Obat meliputi Penyimpanan Obat, Pendistribusian, Pencatatan dan Pelaporam Obat serta Penghapusan Obat.

Penelitian ini penelitian kualitatif  rancangan cross sectional . Instrumen yang digunakan pedoman wawancara dan alat bantu rekam. Analisis penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan cara reduction, display, conclusion drawing/verification.

Sistem penyimpanan masih belum baik. Hal ini dikarenakan ruang penyimpanan obat kurang, ada juga ruang yang bocor apabila hujan deras, sebagian obat disimpan tidak menggunakan pallet/rak. Pendistribusi sudah dilaksanakan dengan baik, dikarenakan pendistribusian sesuai jadwal yang dibuat oleh petugas Farmasi, Puskesmas induk mendistribusukan kebutuhan obat untuk puskesmas yang ada diwilayah binaannya. Pencatatan dan pelaporan belum dilakukan dengan  baik, dikarenakan tidak adanya kartu stock setiap item obat. Pendistribusian sudah dilakukan dengan  baik, seperti petugas sudah melakukan Pemusnahan dengan cara di bakar, untuk sediaan sirup isinya dituangkan.

Pada petugas gudang farmasi hendaknya dapat menata ruang penyimpanan, memperbaiki atap yang bocor, menyimpan obat pada pallet rak, dapat menyiapkan kartu stok, jangan menyimpan obat dilantai karena dapat merusak obat. Selain itu hendaknya melakukan pencatatan, membuat surat bukti barang keluar setelah pendistribusian, mencatat pada kartu stocknya, begitu juga hendaknya dapat melakukan pencatatan obat masuk dan obat keluar, menggunakan kartu stock setiap item obat, menyusun obat yang akan dimusnakan, membentuk panitia pemusnahan dan membuat berita acara pemusnahan untuk laporan kepada dinas kesehatan.

 

Kata Kunci: Penyimpanan, Pendistribusian, Pencatatan dan Pelaporan, Penghapusan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.