EVALUASI PERILAKU PERAWAT DALAM PENCEGAHAN PENYAKIT AKIBAT KERJA (PAK) DI RUANG RAWAT INAP ISOLASI RUMAH SAKIT

ABSTRAK

 

Survei di Ruang Rawat Inap Isolasi, terlihat perawat dalam melayani pasien dengan penyakit menular, perawat tidak menggunakan alat pelindung diri masker. Ini menunjukkan bahwa kurang kepedulian perawat terhadap kesehatan dan keselamatan kerja yang dapat menimbulkan terjadinya PAK. Survey awal yang dilakukan,  pada saat melakukan tindakan perawat tidak mencuci tangan baik sebelum maupun sesudah melakukan tindakan, tidak menggunakan masker serta tidak menggunakan sarung tangan saat melakukan pemasangan infus dan pengambilan sample darah. Hal Ini menunjukan masih rendahnya upaya proteksi diri perawat dalam menghindari penyakit akibat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perilaku perawat dalam pencegahan Penyakit Akibat Kerja dalam pemasangan kateter, infuse, NGT, Oksigen dan Injeksi di ruang rawat inap Isolasi sesuai dengan Standar Operasional Prosedur.

Jenis penelitian deskriptif kuantitatif.  Dimana rancangan penelitian ini digunakan untuk melihat perilaku perawat dalam melaksanakan SOP pemasangan Kateter, Infuse, NGT, Oksigen, dan Injeksi. Populasi dalam penelitian ini seluruh perawat yang bertugas di ruang Isolasi Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bengkulu yang berjumlah 11 (sebelas) orang yang diambil dengan teknik total sampling.

Hasil penelitian menunjukkan dari 11 responden, perilaku tentang SOP Pemasangan Kateter sebanyak 7 perawat dengan perilaku tidak baik, SOP Pemasangan Infus sebanyak 4 perawat dengan perilaku tidak baik, SOP Pemasangan NGT sebanyak 4 perawat dengan perilaku tidak baik, SOP Pemasangan Oksigen, sebanyak 5 perawat dengan perilaku tidak baik dan SOP Injeksi, sebanyak 3 perawat dengan perilaku tidak baik

Bagi perawat yang bertugas hendaknya memperbaiki perilaku yang tidak baik dalam pemasangan kateter, infuse, NGT, oksigen dan injeksi sehingga tidak menimbulkan penyakit akibat kerja. Selain itu hendaknya dapat mempertahankan dan meningkatkan perilaku yang sudah baik, dengan melaksanakan semua prosedur rumah sakit.

Kata Kunci: Perilaku Perawat, SOP, Kateter, Infus, NGT, Oksigen, Injeksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.