ANALISIS JABATAN STRUKTURAL PEGAWAI NEGERI SIPIL

RINGKASAN

           

            Secara singkat dapat dikatakan bahwa manajemen sumberdaya manusia sangat erat kaitannya dengan motto The Right Man on the Right Place and the Right Time. Jadi manajemen sumberdaya manusia pada saat yang tepat harus bisa mengusahakan agar tenaga kerja itu ditempatkan pada posisi yang tepat sesuai dengan minat dan kemampuannya. Dengan kata lain calon yang ditempatkan harus memiliki kualifikasi yang diperlukan untuk dapat melaksanakan pekerjaan dalam suatu jabatan secara efektif dan efisien sehingga penempatan jabatan struktural juga harus tepat sesuai dengan kemampuan dan ketrampilan yang dimilikinya sehingga gairah kerja dan kedisplinannya akan lebih baik dan efektif guna menunjang terwujudnya tujuan organisasi atau perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jabatan struktural Pegawai Negeri Sipil di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Bengkulu Tengah.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh Kepala Seksi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Bengkulu Tengah yang berjumlah 9 (sembilan) orang dengan metode sensus yaitu semua populasi diambil semua.

Dari hasil penelitian, deskripsi jabatan pada Kepala Seksi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Bengkulu Tengah, pada umumnya para Kepala Seksi sudah memahami dan melaksanakan deskripsi jabatan sesuai dengan tugas pokok fungsi mereka masing-masing, sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 02 Tahun 2009 diketahui bahwa pada umumnya pada Kepala seksi tidak mempunyai kesesuaian spesifikasi jabatan untuk melaksanakan jabatan sesuai Peraturan Bupati Nomor 02 Tahun 2009. Terkait kondisi di atas sebaiknya Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Bengkulu Tengah perlu adanya penyusunan pembagian kerja yang jelas serta mengadakan pelatihan dan pendidikan maupun kursus untuk meningkatkan kerja pegawai yang lebih baik.

 

 

Kata Kunci: Analisis Jabatan, Deskripsi Jabatan, Spesifikasi Jabatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.