KEPUASAN KERJA KARYAWAN (Studi Deskriptif Kualitatif di Seksi Program dan Pengembangan Usaha pada Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI

RINGKASAN

Hasil wawancara pada karyawan Program dan Pengembangan Usaha LPP TVRI Stasiun Bengkulu mengatakan bahwa  dalam melaksanakan siaran lokal 4 jam dalam setiap harinya, hanya dilaksanakan oleh 6 orang yang terdiri dari 3 orang honorer dan 3 orang PNS termasuk kasubsi program. Dimana selain melakukan siaran, mereka juga harus melaksanakan administrasi dan produksi paket acara taping untuk siaran lokal TVRI Bengkulu maupun produksi paket acara taping siaran TVRI Paket Acara Terpadu Nasional. Sementara itu beban kerja yang ada di TVRI Bengkulu tipe B dengan 4 jam siaran lokal ditambah beban kerja Pola Acara Terpadu untuk siaran Nasional, sehingga menyebabkan karyawan di Seksi Program pada LPP TVRI Stasiun Bengkulu harus pulang kerja sampai jam 7 malam dari jam 9 pagi dalam setiap harinya termasuk hari libur akibat banyaknya tuntutan beban kerja yang harus dilakukan. Hasil observasi peneliti adanya ketidakpuasan kerja karyawan di Seksi Program pada LPP TVRI Stasiun Bengkulu ini terlihat kadang kala seorang staf menunjukkan raut wajah yang kusut akibat kelelehan kerja. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan kerja karyawan di tinjau dari kondisi kerja, system upah, keamanan, kualitas pengawasan, dan hubungan dengan orang lain.

Penelitian kualitatif untuk mendapatkan pemahaman tentang kenyataan melalui proses berfikir induktif. Informan dalam penelitian ini adalah karyawan program dan pengembangan usaha LPP TVRI Stasiun Bengkulu berjumlah 6 orang diambil secara metode sensus. Kemudian data hasil wawancara dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif: Data reduction, Data display, dan Data conclusion drawing/verification.

Hasil penelitian menunjukkan kepuasan kerja ditinjau dari kondisi kerja belum berjalan dengan baik, ditinjau dari upah sudah berjalan dengan baik, ditinjau dari keamanan sudah dalam keadaan cukup aman, dan ditinjau dari kualitas pengawasan terhadap karyawan sudah berjalan dengan baik, serta ditinjau dari hubungan antar karyawan sudah berjalan dengan baik.

 

Kata Kunci: kondisi kerja, upah, keamanan, kualitas pengawasan, hubungan antar karyawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.