PEMBELAJARAN ORGANISASI KELOMPOK GUGUS KENDALI MUTU (GKM) DI RUMAH SAKIT

RINGKASAN

Hasil  wawancara pada Kelompok GKM mengatakan banyak anggota yang belum memiliki pola fikir yang jelas mengenai konsep pembelajaran organisasi atau pengembangan organisasi. Selain itu dalam melakukan tindakan atau pengambilan keputusan tidak berdasarkan kesepakatan GKM. Hasil observasi peneliti terlihat bahwa pembelajaran organisasi pada kelompok GKM Rumah Sakit Dr. M. Yunus Bengkulu belum berjalan secara maksimal, hal ini dikarenakan anggota kelompok belum memahami dan mimiliki kesadaran tentang manfaat Gugus Kendali Mutu. Terlihat kurangnya kerjasama dan dialog/komunikasi antara sesama tim GKM dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan GKM pada saat rapat mingguan dan bulanan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. populasi dalam penelitian ini adalah 24 kelompok GKM Rumah Sakit Dr. M. Yunus Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini diambil 50% dari populasi, sehingga didapat sampel sebasar 12 kelompok GKM RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu dengan jumlah anggota 82. Analisis data deskrptif Suatu analisis yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan atau menjelaskan berbagai temuan yang diperoleh saat penelitian yang disusun dalam bentuk table distribusi frekuensi. Analisis data kualitatif dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data mencakup tiga kegiatan yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan (verifikasi).

Penelitian menunjukkan Pembelajaran Organisasi Kelompok Gugus Kendali Mutu Cukup Baik karena nilai rata-rata yang didapat sebesar 2.70 berada pada interval 2.61-3.40.  hal ini karena Kelompok GKM belum dapat mengindikasikan kecakapan atau keahlian yang dimilikinya untuk kepentingan dalam organisasi atau kelopok GKM yang ada di Rumah Sakit Dr. M. Yunus Bengkulu.


Kata Kunci: pembelajaran organisasi, gugus kendali mutu

Satu pemikiran pada “PEMBELAJARAN ORGANISASI KELOMPOK GUGUS KENDALI MUTU (GKM) DI RUMAH SAKIT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.