KOMPETENSI PEGAWAI BALAI LABORATORIUM KESEHATAN BERDASARKAN PERSEPSI PIMPINAN, PEGAWAI, DAN MASYARAKAT (Studi Deskriptif Di UPT Balai Laboratorium Kesehatan)

RINGKASAN

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pegawai UPT Balai Laboratorium Kesehatan Berdasarkan Persepsi Pimpinan, Persepsi Pegawai, dan Persepsi Masyarakat.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 36 orang pegawai yang bertugas di UPT Balai Laboratorium Kesehatan termasuk  pimpinan, kemudian sampel diambil dengan metode sensus. Populasi untuk masyarakat berjumlah 300 orang diambil 10% dari populasi sehingga didapat sampel sebesar 30 orang.

Kompetensi pegawai dilihat dari Task achievement (capaian kerja) indikatornya adalah orientasi pada hasil, keahlian teknis para pegawai, perubahan/perbaikan berkelanjutan, dan efisiensi produksi. Relationship (hubungan) Indikatornya adalah penyelesaian konflik, kepedulian antar pribadi, orientasi pada pelayanan, kerjasama, dan membangun hubungan. Personal attribute (sifat individu) indikatornya adalah integritas dan kejujuran, ketegasan, dan kualitas keputusan.

Penelitian persepsi pimpinan, pegawai, dan masyarakat  menunjukkan bahwa pekerjaan pegawai sangat lambat dan tidak tepat waktu dalam melakukan pemeriksaan laboratorium. Selain itu kurangnya komunikasi dari pegawai dengan masyarakat dalam memberikan informasi yang jelas tentang pemeriksaan yang dilakukan. Selain itu juga pegawai kurang ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat

Kepada pimpinan UPT Laboratorium Kesehatan hendaknya dapat meningkatkan pelayanan kepada masayarakat dengan menyelesaikan hasil pekerjaan tepat waktu dengan memberikan motivasi kepada pegawai yang melakukan pemeriksaan laboratorium dan hendaknya dapat menjalin komunikasi secara ramah dengan masayarakat yang berkunjung dan dapat memberikan informasi dengan jelas tentang hasil pemeriksaaan yang dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.