ANALISIS PENGOLAHAN DEPOT AIR MINUM ISI ULANG (DAMIU) DI LINGKUNGAN PUSKESMAS

ABSTRAK

 Sejalan dengan berkembangnya teknologi perkembangan air, maka Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU), berkembang sangat pesat pada tahun 1997 berjumlah dari 400 buah menjadi ± 6000 buah DAMIU pada tahun 2005. Usaha ini tersebar diseluruh wilayahIndonesia, bahkan menjangkau daerah terpencil khususnya di wilayah padat penduduk yang sulit memperoleh air bersih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran cara pengolahan DAMIU yang difokuskan pada standarisasi pengolahannya. Perkembangan depot  air minum di Kota Bengkulu sampai bulan Mei 2010 yang terdaftar di Dinas Kesehatan Kota Bengkulu  mencapai 236 buah.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan gambaran cara kerja pengolahan 19 unit DAMIU yang sesuai standarisasi yang ada di lingkungan Puskesmas Lingkar timur Bengkulu.

Hasil analisis dalam pengolahan DAMIU dilingkungan Puskesmas Lingkar Timur Bengkulu dalam pengolahannya sebagai berikut : bagi Produsen air minum isi ulang  hendaknya lebih memperhatikan pemeliharaan dan masa pakai peralatan serta frekuensi penggantian filter.

Sudah 85% pengolahan DAMIU sudah memenuhi syarat pemeriksaan fisik yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan, Jadi diharapkan agar pengelola DAMIU di Puskesmas Lingkar Timur dapat merubah kebiasaannya seperti : Kebersihan lingkungan ditingkatkan, lokasi usaha jangan dicampur dengan usaha lain. PHBS operator lebih diperhatikan serta  dilakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Bagi masyarakat  yang ingin membeli  air minum isi ulang sebaiknya melihat hasil pemeriksaan laboratorium yang dilakukan minimal 1 bulan sekali  yang harusnya ditempel  di lokasi depot yang mudah dibaca oleh konsumen.

Kata Kunci  :    air minum, depot air minum, sterilisasi, kelaikan fisik, kualitas bakteriologis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.