Hubungan Pre Ekslampsia dengan Kejadian Edema di Ruang Mawar RSUD

ABSTRAK

Data statistik Medica Record RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu pada tahun 2009 yang mengalami Pre Eklampsia sebanyak 1 orang dan pada tahun 2010 yang mengalami Pre Eklampsia sebanyak 42 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Pre Eklampsia dengan Kejadian Edema di Ruang Mawar RSUD. Dr. M. Yunus Bengkulu tahun 2010.

Pre Eklampsia adalah timbulnya hipertensi pada umur kehamilan 20 minggu atau lebih atau pada masa nifas. Edema adalah pembengkakan jaringan subkutan, yang bila ditekan, akan meninggalkan cekungan (seperti sumur).  pre eklampsia ialah penyakit dengan tanda-tanda hipertensi, edema dan proteinuria yang timbul karena kehamilan. Penyakit ini umumnya terjadi dalam triwulan ke-3 kehamilan.

Jenis penelitian survey analitik rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini meliputi semua ibu yang mengalami pre eklampsia di Ruang Mawar RSUD dr. M. Yunus Bengkulu Tahun 2010 yang berjumlah 42 orang. Sampel menggunakan total sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan univariat untuk menggambarkan distribusi frekuensi dari pada variabel penelitian dan bivariat untuk melihat hubungan variabel independen dan dependent menggunakan uji chi square. Untuk melihat keeratan hubungan digunakan contingency coefficient ( C ).

Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 25 (59,9%) responden mengalami pre eklampsia berat, sebanyak 36 (85,7%) responden mengalami kejadian edema, dan terdapat hubungan yang signifikan antara Pre Eklampsia dengan Kejadian Edema dengan katagori sedang.

Bagi RSUD. Dr. M. Yunus Bengkulu khususnya ruang rawat inap mawar dapat melakukan pengawasan sedini mungkin guna penatalaksanaan persalinan yang lebih optimal dan tepat pada pasien yang mengalami pre eklampsia dan kejadian edema.

 

Kata Kunci: Pree Ekslampsia, Kejadian Edema

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.