ANALISIS KUALITAS LAPORAN SENSUS HARIAN RAWAT INAP RUANG FLAMBOYAN RSUD

Rumah sakit adalah institusi pemberi pelayanan kesehatan, Salah satu penunjang yang menangani statistik rumah sakit dalam pembuatan laporan adalah Unit Rekam Medis. Agar pengumpulan data statistik lebih efisien maka dibuat sistem pencatatan dalam bentuk rekapitulasi harian, mingguan dan bulanan dari kegiatan pelayanan di rumah sakit, salah satu bentuk rekapitulasi harian adalah rekapitulasi harian untuk rawat inap atau dikenal dengan sensus harian rawat inap yang memuat informasi semua pasien masuk, keluar selama 24 jam, untuk mengetahui pasien masuk, pindahan, dipindahkan, jumlah lama dirawat, dan keluar dalam keadaan hidup maupun meninggal.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang menggambarkan atau menguraikan atas suatu keadaan tentang sensus harian pada rawat inap ruang flamboyan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan mengambil informan sebanyak tiga orang. Sensus harian ini berlaku dari pukul 00.00 sampai dengan pukul 24.00 WIB.

Dari hasil observasi di TPP rawat inap ruang flamboyan masih banyak terdapat keterlambatan dalam pengiriman sensus, hal ini menjadi pengaruh dalam pengolahan selanjutnya, dalam hal ini kerja menjadi tertunda. Data-data yang ada tidak lengkap misalnya jumlah pasien yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya, kelas pasien tersebut tidak dibuat dan jenis pembayaran tidak ada di keterangan.

Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan: 1. Kualitas laporan sensus harian rawat inap ruang flamboyan RSUD Dr. M.Yunus Bengkulu sudah cukup baik, pengisian sensus harian rawat inap ruang Flamboyan sudah dilakukan oleh petugas sesuai prosedur dengan akurat dan lengkap, 2. Kualitas pengolahan sensus harian rawat inap sudah baik, walaupun masih ada hambatan dalam pengumpulan data sensus rawat inap masih sering terlambat, 3. Kualitas penyajian sudah cukup baik, Ini dapat dilihat dari kerja keras dan semangat petugas dalam menyelesaikan laporan sensus secara tertib, tepat waktu, dengan isi yang tepat sesuai dengan data yang ada di lapangan. Saran yang diberikan adalah: 1. Untuk meningkatkan kualitas laporan perlu adanya petugas khusus yang menangani dan membuat sensus, 2. Untuk kelancaran dan laporan sensus tepat waktu perlu ditingkatkan kedisiplinan para pegawai flamboyan.

Kata kunci: sensus harian rawat inap

Satu pemikiran pada “ANALISIS KUALITAS LAPORAN SENSUS HARIAN RAWAT INAP RUANG FLAMBOYAN RSUD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.