Efektivitas Konseling Kb Oleh Bidan Pada Pasangan Usia Subur (PUS) Di Wilayah Kerja Puskesmas Tahun 2011

Data akseptor KB memilih metode kontrasepsi yang tidak sesuai usia atau tidak rasional masih tinggi. Pemakaian kontrasepsi tidak rasional berdampak terhadap kesehatan akseptor KB. Pada usia >35 tahun terjadi perubahan tubuh sebagai akibat dari proses menua sehingga pemakaian kontrasepsi hormonal (suntik, pil, implanttt) dapat memicu perubahan vaskularisasi yang menyebabkan peningkatan tekanan darah. Peningkatan tekanan darah akan berdampak pada kesehatan ibu secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling KB oleh bidan pada pasangan usia subur (PUS) di wilayah kerja Puskesmas Kembang Seri Kabupaten Bengkulu Tengah Tahun 2011.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah PUS memiliki kriteria tertentu yang berjumlah 10 (sepuluh) orang. Selain itu penelitian ini juga menggunakan informan tambahan yaitu bidan yang memberikan pelayanan KB sebanyak 1 orang bidan. Kriteria PUS yang menjadi  informan ini yang berusia 20 sampai dengan 35 tahun dengan teknik proporsive sampling. Pada penelitian ini analisis dilakukan sampai mendapatkan data yang penuh dan jenuh. Adapun tahapan aktifitas analisis data kualitatif yaitu: Data reduction, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian tentang input menunjukkan bahwa bidan sudah memberikan penjelasan kepada PUS menggunakan metode diskusi dan tanya tanya jawab serta menggunakan alat peraga berupa lembar bolak balik  saat memberikan pelayanan dan Proses SATU TUJU sudah dilaksanakan oleh Bidan. Namun hasil penelitian tentang output menunjukkan bahwa dari sepuluh responden yang di wawancarai ditemukan sebanyak 9 orang PUS menggunakan alat kontarasepsi tidak efektif karena tidak sesuai dengan usia.

 

Kata Kunci : Konseling KB, Pasangan Usia Subur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.