ANALISIS PELAKSANAAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI PADA IBU YANG MEMPUNYAI BALITA 6-24 BULAN

ABSTRAK

Masih belum tepatnya perilaku ibu dalam pemberian MP ASI anak 6-24 bulan dalam hal cara pemberian, frekuensi pemberian, dan cara penyajian (baik porsi dan pengelohan. Target yang diinginkan dalam pemberian MP-ASI anak 6-24 bulan dari keluarga miskin 100%, tetapi dalam pelaksanaannya masih rendah dibawah   target   yaitu   9,5%.   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) pada ibu yang mempunyai Balita 6-24 Bulan di Puskesmas Lingkar Timur Kota Bengkulu.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dalam penelitian sampel diambil 50% dari populasi yaitu sebesar 126 responden. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling. Analisis yang dilakukan adalah analisis univariat dengan maksud untuk menggambarkan distribusi frekuensi dan persentase pemberian makanan pendamping ASI.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 42 responden usia 6-9 bulan lebih dari sebagian 23 (54.8%) responden pemberian makanan pendamping ASI tidak baik,  usia 9-12 bulan lebih dari sebagian 26 (61.9%) responden pemberian makanan pendamping ASI tidak bai, dan usia 12-24 bulan sebagian besar 29 (69.0%) responden pemberian makanan pendamping ASI tidak baik.

Kepada petugas kesehatan hendaknya dapat melakukan penyuluhan dengan mengajarkan ibu-ibu yang mempunyai balita dalam hal pelaksanaan pemberian makanan pendamping ASI seperti untuk usia 6-9 bulan memberikan makanan lumat dan memberikan buah-buahan, untuk usia 9-12 bulan memperkenalkan beraneka ragam buahan dan sayuran kepada anaknya, dan untuk usia 12-24 bulan memberikan makanan keluarga dan nasi biasa 3 kali sehari dan memberikan makanan selingan  1 kali sehari.

Kata Kunci : Pemberian Makanan Pendamping ASI.

Diterbitkan oleh Hadi Saputra, SKM., M.Si.

Hadi Saputra, SKM, M.Si anak dari Alm Subhan Rubama dan Azizah mempunyai seorang istri bernama Harpi Nusanti, SKM dan Empat orang anak perempuan yang bernama Lubna Afiyah, Mazaya Afifah, Alilah Afiqah, dan Alayyah Afinah Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik S2 Ilmu Administrasi Universitas Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: