PENGARUH KOMPENSASI, LINGKUNGAN KERJA, DAN KEPUASAN KERJA, TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI

ABSTRACT

This study is aimed to determine the effect of compensation, work environment, job satisfaction on work motivation of employee at departement of animal husbandry and animal healthy Bengkulu Province.

This study is descriptive design with causal effect. All employees in the study sample 55 people. Analysis data using multiple linear regression. The results  of this study that compensation, work environment,  and work satisfaction have influence on work motivation of employee both partial and simultans.
As Suggestions, Leaders can make the distribution of decree of incentives, in the conduct of mutations in office not arbitrarily, not too soon to mutation, and who do not have a music room can be equipped music facilities. Leaders provide opportunities for employees directly involved in decision make and understand the purpose of the work performed.

Keywords: Compensation, Work Environment, Job Satisfaction, and motivation to work

(1) Candidate of Magister Manajemen

(2) Lecturer

 

RINGKASAN

Hasil wawancara pada pegawai mengatakan pemberian kompensasi belum sesuai dengan beban kerja yang dilakukan serta pemberian kompensasi tidak adil antara pegawai yang beban kerjanya banyak maupun yang sedikit. Pada  lingkungan kerja terlihat tata ruangan kerja yang ada belum cukup baik, ini terlihat dari banyaknya meja yang kurang tertata dan tidak sesuai dengan luas ruangan yang ada. Hasil wawancara dengan pegawai yang lain mereka mengatakan banyak pegawai yang kurang termotivasi dalam melaksanakan pekerjaannya. Ini terlihat banyaknya pegawai yang tidak disiplin dalam bekerja dan sering terlambat saat masuk kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi, lingkungan kerja, kepuasan kerja terhadap motivasi kerja pegawai Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu baik secara parsial maupun simultan.

Penelitian ini merupakan deskriftif dengan desain causal effect. Sampel dalam penelitian seluruh pegawai berjumlah 110 orang diambil dengan metode sensus. Dalam penelitian yang dilakukan responden yang mengembalikan kuesioner sebanyak 55, sehingga sampel diambil 50% dari populasi. Analisa data menggunakan regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kompensasi, lingkungan kerja, dan kepuasan kerja terhadap motivasi kerja pegawai baik secara parsial dan simultan, artinya semakin baik persepsi responden mengenai kompensasi yang mereka terima, kepuasan kerja yang mereka rasakan dalam melaksanakan pekerjaan, dan lingkungan kerja mereka yang mereka rasakan, maka akan semakin baik motivasi mereka.

Sebaiknya pimpinan dapat membuat surat keputusan yang jelas untuk pembagian pemberian insentif dalam melakukan mutasi di lingkungan dinas tidak semena-mena, tidak terlalu cepat melakukan mutasi, dan ruangan yang belum memiliki musik dapat dilengkapi fasilitas musik. Selain itu pimpinan dapat memberikan kesempatan pada pegawai untuk terlibat langsung dalam pengambilan keputusan yang penting dan dapat memberikan tujuan tugas yang jelas, agar pegawai mengetahui dengan baik tujuan dari pekerjaan yang dilakukan.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.