HUBUNGAN SANITASI RUMAH DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI KELURAHAN

AData Puskesmas Sukamerindu penderita ISPA tahun 2010 sebanyak 2.387 balita. Hasil observasi tanggal 18 April 2010 dari 20 orang keluarga terlihat sebagian besar 16 orang ibu yang anaknya menderita ISPA tinggal di lingkungan yang kumuh dan padat penduduknya serta mereka tidak menjaga lingkungan kebersihan rumah maupun lingkungan rumah. Survei awal dengan melakukan kunjungan kepada 20 orang keluarga, terlihat yang memiliki sarana sanitasi sehat sebanyak 9 keluarga dan yang memiliki sarana sanitasi tidak sehat 11 sebanyak keluarga. Sedangkan untuk kejadian ISPA pada balita terdapat 13 keluarga yang anaknya menderita ISPA dan 7 keluarga yang anaknya tidak menderita ISPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sanitasi rumah dan gambaran kejadian ISPA pada balita serta mengetahui hubungan sanitasi rumah dengan kejadian ISPA pada balita.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu melihat gambaran variabel independent dan dependent dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai balita di Kelurahan Sukamerindu Kota Bengkulu yang berjumlah 390 orang yang diambil 10% dari populasi, sehingga didapat sampel sebesar 39 orang ibu yang mempunyai balita dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan Analisis Univariat dan Bivariat. Analisis bivariat menggunakan uji chi square.
Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 33 (84,6%) responden dengan Sanitasi Rumah tidak Sehat, sebanyak 12 (30,8%) responden mengalami kejadian ISPA serta ada hubungan yang signifikan antara sanitasi rumah dengan kejadian Ispa pada balita di kelurahan Sukamerindu Kota Bengkulu. Saran bagi Puskesmas Sukamerindu sebagai masukan bagi unit pelayanan kesehatan dalam hal ini Puskesmas Sukamerindu guna meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya dalam penanganan terhadap anak balita dengan kasus ISPA.

Kata Kunci: Sanitasi Rumah, Kejadian ISPA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.