PERAN PERAWAT DI PUSKESMAS PERAWATAN BERINGIN RAYA KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

RINGKASAN

Peran Perawat di Puskesmas Perawatan Beringin Raya Kecamatan Muara Bangkahulu

Kota Bengkulu

Oleh:

Hadi Saputra

Keperawatan sebagai profesi merupakan salah satu pekerjaan di mana dalam menentukan tindakannya didasari ilmu pengetahuan serta memiliki keterampilan yang jelas dalam keahliannya, sebagai profesi keperawatan mempunyai otonomi dalam kewenangan dan tanggung jawab dalam tindakan serta adanya kode etik dalam bekerjanya kemudian juga berorientasi pada pelayanan dengan melalui pemberian asuhan keperawatan kepada individu, kelompok atau masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperan perawat di Puskesmas Perawatan Beringin Raya Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu ditinjau dari peran perawat sebagai pemberi asuhan keperawatan, peran perawat sebagai advokat klien, peran perawat sebagai edukator, peran perawat sebagai koordinato,  peran perawat sebagai kolaboratif, peran perawat sebagai konsultan, dan peran perawat sebagai pembaharu.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sampel wawancara dalam penelitian ini diambil sebanyak 9 (lima)  orang yang terdiri dari 1 orang Kepala UPTD Puskesmas Perawatan Beringin Raya, 1 (satu) orang kepala Tata Usaha Puskesmas Perawatan Beringin Raya dan 3 (tiga) orang perawat Puskesmas Perawatan Beringin Raya serta 4 (empat) orang pasien yang menjalani rawat inap di Puskesmas Perawatan Beringin Raya Kota Bengkulu berdasarkan spesifikasi penyakit pasien yang ada di sering atau ada di Puskesmas Perawatan Beringin Raya Kota Bengkulu yang diambil secara porposive sampling. Pengolahan dan Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian 1) Perawat sudah melakukan pengkajian, diagnosa tidak dibuat,  dan  evaluasi dengan membandingkan kondisi pasien setelah telah dirawat beberapa hari tanpa menggunakan blanko asuhan keperawatan, 2) Persetujuan tindakan di Puskesmas tidak pernah dilakukan, apabila ada pasien yang memerlukan tindakan beresiko tinggi, Puskesmas melakukan rujukan pasien ke Rumah Sakit. Sedangkan informasi telah dilakukan terhadap pasien dan keluarga pada saat pasien masuk IGD. Sementara itu privasi pasien sudah dijaga perawat, 3) Perawat melakukan pendidikan kesehatan dan penjelasan hanya diberikan pada saat pasien baru IGD, 4) Rencana pelayanan tingkat lanjut jika pelayanan dasar sudah tidak mampu untuk mengatasi penyakit pasien dengan memberikan rujukan ke Rumah Sakit, berkonsultasi ke dokter speasialis, 5) Kolaborasi sudah dilakukan dengan dokter, laboratorium dan ahli gizi. Sedangkan untuk fisiotrafis dirujuk ke rumah sakit karena belum memiliki alat, 6) Perawat melakukan konsultasi dengan pasien dan keluarga, mengenai tindakan yang akan dilakukan. Konsultasi tentang penyakit tidak dilakukan perawat karena perawat tidak mempunyai waktu, dan 7) Perencanaan dilakukan sebelum tindakan dilakukan pada pasien. Kerjasama antara perawat, dokter dan petugas kesehatan lain sudah dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur tindakan.

Pada Pimpinan Puskesmas hendaknya perawat tidak dibebani tugas sebagai bendahara, pemegang program, maupun tenaga surveilans, sehingga perawat dapat fokus melaksanakan perannya sebagai perawat.

Kata Kunci: Peran Perawat, Puskesmas Perawatan Beringin Raya

8 pemikiran pada “PERAN PERAWAT DI PUSKESMAS PERAWATAN BERINGIN RAYA KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

  1. Ping balik: Nama Makassar di Timor Leste | Aklahat

  2. Ping balik: Kabupaten Kepulauan Sitaro | Tabea Manado

  3. Ping balik: Solusi Tepat Bagi Anda Yang akan Melaksanakan Pindahan | Mandiri Moverindo

  4. Ping balik: 4 Bulan, 344 Pasien Gunakan Jampersal « AHMAD SURADIANTO STMIK PRINGSEWU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.