ANALISIS MANAJEMEN KEUANGAN DARI PERSPEKTIF PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE

RINGKASAN

 TESIS

Dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan informasi yang tidak transparan terhadap pegawai Dispenda. Dalam pelaksanaan Responsiveness Dispenda belum maksimal dalam pelayanan prima karena keterbatasan teknologi dan Sumber Daya Manusia yang memiliki kompetensi, sehingga laporan keuangan dan informasi yang diberikan pada masyarakat lambat. Selain itu beberapa kebijakan yang diambil pimpinan tidak efektif  dan efisien, contohnya dalam penugasan salah satu pegawai menyangkut suatu program kerja sering kali tidak melibatkan pegawai yang seharusnya membidangi pekerjaan atau kegiatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen keuangan dilihat dari perspektif prinsip-prinsip good governance pada Dispenda Propinsi Bengkulu.

 

Jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini sampel untuk masyarakat diambil sebanyak 15 orang yang terdiri dari pegawai BPK 5 orang, Inspektorat 5 orang dan Anggota Dewan bagian anggaran 5 orang yang diambil secara proporsional pourposive sampling. Populasi dalam penelitian ini seluruh pegawai pengelola keuangan Dispenda yang berjumlah 20 orang. Analisis deskriptif untuk mengambarkan prinsip-prinsip good governance dilihat dari aplikasinya dalam melaksanakan menajemen keuangan pada Dispenda. Fungsi analisis ini adalah menyederhanakan atau meringkas kumpulan data hasil pengukuran sedemikian rupa sehingga kumpulan data tersebut berubah menjadi informasi yang berguna dengan metode analisis univariat.

 

Hasil penelitian menunjukkan persepsi pegawai dan masyarakat terhadap Good Governance sebesar 3,48 dengan katagori tinggi yang berada pada rentang 3,41–4,24. Namun persepsi pegawai dan masyarakat yang terendah terletak pada indikator participation dengan nilai rata-rata 2,93 dengan katagori cukup yang berada pada rentang 2,61–3,40.

 

Kepada Dispenda hendaknya tidak pilih kasih dan dapat diproses secera cepat dan memiliki kepastian dalam penegakan hukum apabila terjadi permasalahan keuangan. Selain itu Dispenda Propinsi Bengkulu hendaknya dalam membuat kebijakan hendanya dapat memperhatikan kepentingan masyarakat. Sehingga pelayanan Dispenda dapat maksimal dan good governance dapat terwujud.

 

Kata Kunci: Good Governance, Dinas Pendapatan Daerah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.