HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN PELAKSANAAN PERAWATAN TALI PUSAT PADA BAYI UMUR 0-7 HARI

ABSTRAK

 

Infeksi tali pusat sangat dipengaruhi oleh kualitas persalinan, perawatan tali pusat, serta kualitas pelayanan selama kehamilan. Survei pendahuluan yang penulis lakukan dari 45 bayi berumur 0-7 hari yang belum puput tali pusatnya, 3 diantaranya mengalami infeksi tali pusat. Penelitian ini bertujuan diketahui distribusi frekuensi pengetahuan ibu dan perawatan tali pusat serta hubungan pengetahuan ibu dengan pelaksanaan perawatan tali pusat pada bayi umur 0-7 hari di wilayah kerja Puskesmas Sidomulyo Kota Bengkulu.

Penelitian ini survey analitik pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini seluruh ibu yang mempunyai bayi berumur 0-7 hari pada bulan Mei-Juni tahun 2012 berjumlah 45 orang diambilsecara total sampling. Analisis univariat untuk melihat distribusi frekuensi masing-masing variabel penelitian dan analisis bivariat untuk mengetahui hubungan kedua variabel menggunakan uji  chi square.

Hasil penelitian hampir seluruh ibu (84.4%) dengan pengetahuan perawatan tali pusat baik dan sebagian besar ibu (68.9%) sudah terampil dalam melakukan perawatan tali pusat serta ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan pelaksanaan perawatan tali pusat.

Upaya meningkatkan pengetahuan ibu mengenai perawatan tali pusat perlu ditingkatkan, maka upaya-upaya yang penyuluhan terprogram oleh petugas Puskesmas untuk diberikan kepada ibu yang mempunyai bayi agar ibu dapat memahami bagaimana merawat tali pusat secara baik dan benar.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Perawatan Tali Pusat

Diterbitkan oleh Hadi Saputra, SKM., M.Si.

Hadi Saputra, SKM, M.Si anak dari Alm Subhan Rubama dan Azizah mempunyai seorang istri bernama Harpi Nusanti, SKM dan Empat orang anak perempuan yang bernama Lubna Afiyah, Mazaya Afifah, Alilah Afiqah, dan Alayyah Afinah Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik S2 Ilmu Administrasi Universitas Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: