GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP BIDAN DALAM PELAKSANAAN INISIASI MENYUSUI DINI

ABSTRAK

 

Survey awal di RSUD. Dr. M. Yunus Bengkulu dapat diketahui bahwa 7 bidan telah melakukan IMD 3 bidan diantaranya melakukan penerapan IMD masih belum benar. Tujuan penelitian untuk Gambaran pengetahuan dan sikap bidan dalam pelaksanaan inisiasi menyusui dini di RSUD. Dr. M. Yunus Bengkulu Tahun 2012.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian secara deskriptif  hanya untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan sikap bidan dalam pelaksanaan inisiasi menyusui dini tanpa menganalisis lebih lanjut. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 orang diambil dengan tehnik pengambilan sampel  total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, dianalisa dengan univariat untuk mengetahui distribusi frekesi.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian kecil (26,8%) bidan mempunyai pengetahuan tidak  baik tentang pelaksanaan inisiasi menyusui dini, lebih dari sebagian (51,2%) bidan mempunyai sikap tidak  mendukung dalam pelaksanaan inisiasi menyusui dini dan diketahui hampir dari sebagian (46,3%) bidan tidak melaksanaan inisiasi menyusui dini.

Disarankan kepada Kepada pihak RSU diharapkan dapat lebih memperhatikan kinerja bidan dalam pelaksanaan inisiasi menyusui dini agar pelaksanaan inisiasi menyusui dini dapat tercapai dengan lebih baik lagi.

Kata Kunci : pengetahuan, sikap, inisiasi menyusui dini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.