ANALISIS PELAKSANAAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN

TESIS MAGISTER ILMU ADMINISTRASI

ABSTRACT

 

 

 

 

In Central Secretariat Bengkulu District indicated that the principles of good governance implemented, participation, transparent, and accuntabilitas has not been optimally. This study aimed to determine the implementation of the employee on the principles of good governance in Central Secretariat Bengkulu District.

 

This research is a descriptive approach. The population Secretariat staff Central Bengkulu District total 144 people. The sample in this study was taken as much as 25% of the population, and thus obtained a sample of 36 people. Data analysis techniques in this study used descriptive analysis to portray the implementation of the principles of good governance, Central Secretariat Bengkulu District.

 

The results showed an employee responses to the implementation of the principles of good governance in Central Secretariat Bengkulu District has been going well.

 

Central Secretariat Bengkulu District should be more participate to employees in supervisory management activities and can suppress violations in the management of the activities, so creation governace good service is more good. To acces information indicated implemented to open akses website or blog secara online, to implemtation in all SKPD on the Central Secretariat Bengkulu District.

 

 RINGKASAN

 

 

Good governance menjadi isu yang aktual sampai saat ini. Hal ini tidak lain karena banyak kalangan yang masih mempunyai harapan agar birokrasi mampu menampilkan perfomance yang baik, mau tampil secara profesional dalam melaksanakan pelayanan publik, dapat mengedepankan kepentingan masyarakat dan tidak berada di bawah tekanan kelompok politik tertentu. Peluang saat ini sangat terbuka lebar akibat terjadinya pergeseran sistem politik kita yang tidak menutup kehadiran parpol dalam jumlah cukup banyak. Juga akibat perubahan paradigma sistem pemerintahan dari sentralistis ke desentralisasi yang memberikan peluang kepada birokrasi khususnya di daerah untuk lebih kreatif, inovatif dan profesional.

 

Hasil observasi peneliti tentang partisipasi dilapangan terlihat dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan kegiatan serta hak penyampaian pendapat dalam segala proses perumusan kebijakan, proses penyusunan strategi pembangunan, penganggaran, pengadaan, dan pemantauan pegawai telah terlibat dalam semua kebijakan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah. Dilihat dari transparansi terlihat masih minimnya informasi yang tersedia, seperti informasi tentang aturan kedisiplinan, program kegiatan tahunan, mekanisme dalam penyusunan program kegiatan, pelaksanaan penyusunan pelaporan dan mekanisme pengawasan. Sedangkan dilihat dari Akuntabilitas pegawai cukup memiliki rasa tanggung jawab di dalam melaksanakan kegiatan dan melaksanakan sesuai dengan prosedur yang berlaku.Rumusan Masalah dalam penelitian ini bagaimanakah pelaksanaan prinsip-prinsip good governance di Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah dan penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pelaksanaan prinsip-prinsip good governance di Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah.

 

Good governance sebagai hubungan yang sinergi dan konstruktif di antara negara, sektor swasta dan masyarakat. Adapun prinsip-prinsip good governance adalah: 1) Partisipasi. Mempunyai suara dalam pembuatan keputusan, baik secara langsung maupun melalui intermediasi institusi legitimasi yang mewakili kepentingan. Partisipasi seperti ini dibangun atas dasar kebebasan berasosiasi dan berbicara serta berpartsipasi secara konstruktif. Partisipasi ini dapat dilihat dari tindakan ikut serta dari jenjang staf hingga pejabat yang berwenang dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan kegiatan serta hak penyampaian pendapat dalam segala proses perumusan kebijakan dan peraturan, proses penyusunan strategi pembangunan, program pembangunan, penganggaran, pengadaan, dan pemantauan, 2) Transparansi. Transparansi dibangun atas dasar kebebasan arus informasi. Proses-proses, lembaga-lembaga dan informasi secara langsung dapat diterima oleh mereka yang membutuhkan. Informasi harus dapat dipahami dan dapat dimonitoring. Tranparansi ini dilihat dari memberikan informasi lengkap tentang kebijakan dan layanan yang disediakan, sehingga bertambahnya wawasan dan pengetahuan masyarakat terhadap penyelengaraan pemerintahan, dan berkurangnya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan, dan Akuntabilitas. Para pembuat keputusan dalam pemerintahan, bertanggung jawab kepada publik dan lembaga-lembaga stakeholders. Akuntabilitas ini tergantung pada organisasi dan sifat keputusan yang dibuat, apakah keputusan tersebut untuk kepentingan internal atau eksternal organisasi. Akuntabilitas ini dilihat dari terwujudnya kondisi semua kebijakan pada semua tingkatan dapat dipertanggungjawabkan dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

 

Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi keadaan saat ini dan kaitannya dengan indikator yang ada pada penelitian ini. Penelitian ini tidak menguji hipotesis, melainkan hanya mendeskripsikan informasi yang apa adanya sesuai dengan yang diteliti. Pendekatan deskriptif, hasil. Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah berjumlah 144 orang, yang terdiri dari 4 Orang Eselon 2, 9 orang eselon 3, 27 orang esolon 4, dan 104 orang staf. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 25% dari populasi, sehingga didapat sampel sebanyak 36 orang pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah. Sampel dalam penelitian ini diambil secara stratifield random sampling.  Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan skala likert (1-5) yang sudah tersedia pilihan jawabannya. Pengukuran variabel menggunakan skala likert.

 

Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mengambarkan pelaksanaan prinsip-prinsip good governance Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah. Fungsi analisis ini adalah menyederhanakan atau meringkas kumpulan data hasil pengukuran sedemikian rupa sehingga kumpulan data tersebut berubah menjadi informasi yang berguna dengan metode analisis univariat secara tabulasi dan grafik.

 

Hasil penelitian menunjukkan secara umum pelaksanaan prinsip-prinsip good governace di Sekretariat Kabupaten Bengkulu Tengah tinggi, artinya pelaksanaan prinsip-prinsip good governace dilihat Partisipasi, Transparansi, dan Akuntabilitas sudah dilaksanakan dengan baik. Dilihat dari tanggapan pimpinan terhadap good governance skor rata-rata sebesar 3,83 katagori tinggi dengan indikator Partisipasi 4,0  Transparansi 3,5, dan Akuntabilitas 4,0. Sedangkan tanggapan pegawai terhadap good governance skor rata-rata sebesar 3,80 katagori tinggi dengan indikator Partisipasi 3,7, Transparansi 3,7, dan Akuntabilitas 4,0.

Saran dalam penelitian ini pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah hendaknya dapat lebih mengikutsertakan pegawai dalam pengawasan pengelolaan kegiatan dan dapat menekan pelanggaran dalam pengelolaan, sehingga terciptanya pelayanan good governace yang lebih optimal. Selain itu untuk memudahkan memperoleh akses informasi pelaksanaan kebijakan dan layanan dilaksanakan kiranya dapat membuka akses website atau blog secara online, sehingga dapat mewujudkan peningkatan transparansi dan penerapan transparansi ini kiranya bukan hanya dilakukan di sekretariat saja, namun juga diterapkan pada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD dalam Kabupaten Bengkulu Tengah.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.