ANALISIS PERILAKU PENCEGAHAN PENYAKIT HIV/AIDS PADA PSK DI WILAYAH X

ABSTRAK

 

Perilaku negatif pada kelompok resiko tinggi ODHA berkontribusi pada penyebaran HIV/AIDS, salah satu kelompok resiko tinggi adalah PSK. Penelitian ini secara umum bertujuan menganalisis perilaku pencegahan penyakit HIV/AIDS pada PSK di wilayah X Kota Bengkulu melalui berbagai factor pembentuk perilaku antara lain, faktor-faktor pemudah (predisposisi), faktor-faktor pendukung (enabing) dan faktor-faktor penguat (reinforcing) terciptanya perilaku pencegahan penyakit HIV/AIDS pada PSK di wilayah X Kota Bengkulu.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana peneliti sebagai Instrumen penelitian melakukan wawancara mendalam (indepth interview) dan observasi  terhadap Informan utama yang berjumlah 4 (empat) orang karyawan kafe dan masing-masing 2 (dua) orang pemilik kafe dan 2 (dua) orang pengunjung kafe sebagai informan pembanding.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa masih rendahnya perilaku pencegahan penyakit HIV/AIDS dari berbagai faktor pembentuk perilaku. PSK berpeluang memiliki perilaku pencegahan penyakit HIV/AIDS, tidak tersedianya faktor pendukung perilaku pencegahan penyakit HIV/AIDS karena tidak adanya akses terhadap pelayanan kesehatan. Belum ada keterlibatan sektor terkait baik pemerintah maupun swasat . Kafe sebagai tempat transaksi seks terselubung. Pengaruh minuman beralkohol. Selanjutnya sulit tercipta sikap dan perilaku pencegahan penyakit HIV/AIDS pada PSK dipengaruhi juga oleh beberapa faktor, diantaranya ekonomi, keharmonisan rumah tangga serta belum maksimal promosi kesehatan.

Penelitian ini menyarankan agar seluruh elemen baik pemerintah, swasta serta masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam membentuk perilaku pencegahan HIV/AIDS.

 

Kata Kunci : Perilaku  dan HIV/AIDS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.