PERAN KEPEMIMPINAN DALAM PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus Bagian Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bengkulu Tengah)

ABSTRACT

  This objective of this study is to study aims to determine the role of leadership in Increase Employee Performance views of decision making, as Trustees, as Actuating, and as a motivator.

This research is a qualitative descriptive study and sample to 32 Employees with census method. Informant interviews will be conducted the research in this study were taken with the triangulation method with interviews with, 1 Division Chief, Head of Section 1 and 6 employees with purposive sampling method. Data analysis is descriptive analysis qualitative analysis of the data reduction methods, presentation of data, and conclusions Withdrawal.

Research shows leadership role in decision making, a pretty good watchdog, as actuating been implemented and as a pretty good motivator.

 Keywords: The Role of Leadership, Decision Making, Supervisory, Actuating (activator), and Motivator.

 

ABSTRAK

 

Hasil observasi terlihat bahwa pimpinan kurang tegas dalam hal pengambilan suatu keputusan dan terlihat juga pimpinan sering membedakan antara pegawai yang satu dengan pegawai yang lain dalam melaksanakan pekerjaannya, sehingga tidak ada pergiliran dengan pegawai yang lainnya dalam hal pengerjaan proyek. Selain itu hasil wawancara dengan pegawai mengatakan pimpinan tidak memberikan pengawasan dan bimbingan pada saat bawahan melaksanakan pekerjaan, namun pimpinan hanya menuntut hasil yang maksimal dari pekerjaan yang kami lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepemimpinan Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai dilihat dari Pengambilan Keputusan, sebagai Pengawas, sebagai Actuating (penggerak), dan sebagai Motivator.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini Pegawai yang berjumlah 32 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari keseluruhan populasi. Sedangkan sampel wawancara diambil menggunakan metode purposive sampling. Informan penelitian yang akan dilakukan wawancara dalam penelitian ini diambil dengan metode triangulasi sumber yaitu dengan malakukan wawancara dengan beberapa sumber yaitu 1 orang Kepala Bidang, 1 orang Kepala Seksi dan 6 orang pegawai. Analisis data yaitu analisis deskriptif untuk mengambarkan pelaksanaan Peran Pimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai dan analisis Kualitatif dengan metode Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan (verifikasi).

Hasil penelitian Peran Kepemimpinan Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai dilihat dari Pengambilan Keputusan belum baik, dilihat dari sebagai Pengawas belum optimal, dilihat dari Actuating (penggerak) belum dilaksanakan dan dilihat dari peran sebagai Motivator belum dilaksanakan secara optimal, ini dikarenakan pimpinan tidak melakukan pembinaaan dengan baik kepada bawahan atau pegawai dalam melaksanakan pekerjaan.

Saran Kepada pimpinan diharapkan dapat bersikap secara adil kepada setiap pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya. Selain itu pimpinan hendaknya lebih meningkatkan lagi pengawasan terhadap pekerjaaan yang dilakukan pegawai atau bawahanya, baik pengawasan hasil pekerejaan yang telah dilakukan oleh bawahannya. Begitu juga dalam hal menggerakan bawahan, pimpinan hendaknya lebih dapat menciptakan lingkungan kerja  yang nyaman bagi para bawahannya serta pimpinan hendaknya juga dapat melakukan pembinaaan dengan baik kepada bawahan atau pegawai dalam melaksanakan pekerjaan.

Kata Kunci: Peran Kepemimpinan, Pengambilan Keputusan, Pengawas, Actuating (penggerak), dan Motivator

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.