HUBUNGAN POLA KOMUNIKASI DALAM KELUARGA TERHADAP KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi kasus: Klien Korban Kekerasan Terhadap Istri dalam rumah tangga di Women’s Crisis Centre (WCC) Tahun 2012)

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara pola komunikasi keluarga terhadap kekerasan dalam rumah tangga.

Jenis penelitian adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian seluruh korban kekerasan dalam rumah tangga di Women’s Crisis Centre (WCC) berjumlah 46 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari keseluuhan populasi yaitu sebanyak 46 orang. Untuk menguji atau mencari korelasi antara variabel pengaruh dengan variabel terpengaruh, digunakan koefisien Korelasi Product Moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara pola komunikasi keluarga terhadap kekerasan dalam rumah tangga. Hal ini dapat dilihat pada hasil perhitungan product moment, dimana nilai r hitung >dari r tabel yaitu 1,40 > 0,288. Hal ini mebuktikan bahwa anatara variabel  X dan variabel Y terdapat kolerasi yang sangat kuat atau sangat tinggi,ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 %.

 

Kata Kunci: Pola Komunikasi, KDRT

 

 

Diterbitkan oleh Hadi Saputra, SKM., M.Si.

Hadi Saputra, SKM, M.Si anak dari Alm Subhan Rubama dan Azizah mempunyai seorang istri bernama Harpi Nusanti, SKM dan Empat orang anak perempuan yang bernama Lubna Afiyah, Mazaya Afifah, Alilah Afiqah, dan Alayyah Afinah Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik S2 Ilmu Administrasi Universitas Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: