ANALISIS PELAKSANAAN INFORMED CONSENT DI UNIT KAMAR OPERASI RSUD

ABSTRAK

                                                                                 

Pelaksanaan informed consent  di kamar Operasi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Bengkulu, terlihat petugas dalam menyampaikan informasi kepada keluarga pasien saat menyampaikan informed consent, petugas tidak menyampaikan informasi kepada pasien tentang Resiko dan komplikasi yang mungkin terjadi serta Prognosis (perkiraan hasil) dari tindakan yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan informed consent di Unit Kamar Operasi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Bengkulu Tahun 2013.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan survey. Sampel diambil sebanyak 4 (empat) orang yang terdiri 1 orang dokter yang melakukan operasi, 1 orang petugas anestesi, 1 orang perawat dan 1 orang keluarga pasien. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengolahan dan analisis data kualitatif dilakukan dengan langkah-langkah Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan (verifikasi).

Hasil penelitian menunjukkan diagnosis dan tata cara tindakan medis belum berjalan dengan optimal, tujuan tindakan medis yang dilakukan sudah optimal,  alternatif tindakan lain dan resikonya sudah optimal, resiko dan komplikasi yang mungkin terjadi belum optimal, prognosis (perkiraan hasil) dari tindakan yang dilakukan sudah optimal, dan pembiayaan sudah optimal.

Saran penelitian diharapkan dapat memberikan masukan kepada petugas di Unit Kamar Operasi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Bengkulu dalam menerapkan informed consent secara optimal.

 

Kata Kunci: Informed Consent  

2 pemikiran pada “ANALISIS PELAKSANAAN INFORMED CONSENT DI UNIT KAMAR OPERASI RSUD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.