HUBUNGAN PELAYANAN KESEHATAN MELALUI PROGRAM BEROBAT GRATIS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS

ABSTRAK

 

Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah suatu layanan kesehatan yang dapat memenuhi kebutuhan yang dirasakannya. Dengan pendekatan jaminan mutu layanan kesehatan, kepuasan pasien menjadi bagian yang integral dan menyeluruh dari kegiatan jaminan mutu layanan kesehatan. Pengukuran tingkat kepuasan pasien harus menjadi kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari pengukuran mutu layanan kesehatan. (Pohan,2007).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara variabel independen (Pelayanan perawat kesehatan, ketanggapan pelayanan, dimensi ketepatan waktu, informasi yang menyeluruh) terhadap kepuasan pasien (Pohan 2007). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode diskriptif analitik dengan jumlah populasi 1840 responden, dan jumlah sampel sebanyak 184 responden diambil dengan cara accidental sampling

Analisa univariat menunjukkan bahwa responden lebih banyak menyatakan baik terhadap: Pelayanan perawat kesehatan (68,5 %), Ketanggapan pelayanan (55.4 %), Dimensi ketepatan waktu (84.2 %), Informasi yang menyeluruh (58.7 %), dan Puas terhadap Pelayanan (70.7 %). Dan hasil analisa bivariat semuanya menunjukkan nilai p value yang sama yaitu 0.000 < α=0.05, artinya ada hubungan yang bermakna antara pelayanan perawat kesehatan terhadap kepuasan pasien.

Dengan hasil ini menunjukkan bahwa kepuasan pasien itu tergantung dari pelayanan yang diberikan, sedangkan mutu layanan kesehatan akan dinilai baik jika pasien merasa puas. Maka dari itu saran dari peneliti diharapkan pada pihak yang berprofesi sebagai pemberi layanan kesehatan, untuk meningkatkan mutu layanan yang akan diberikan dan melakukan pengembangan dan pelatihan petugas kesehatan sehingga mempunyai kecakapan, keterampilan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan dan mutu layanan dimasa depan.

Daftar Pustaka: 15( 1996-2009)

Kata Kunci      : Kepuasan, Pelayanan, Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.