PERSEPSI DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP ETIKA BISNIS SURVEY PADA FAKULTAS EKONOMI

ABSTRAK

PERSEPSI DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP ETIKA BISNIS (SURVEY PADA FAKULTAS EKONOMI 

 Kata kunci : Persepsi, Etika Bisnis

Etika merupakan hal penting dalam rangka pengembangan dan peningkatan peran profesi akuntan terutama bila dikaitkan dengan rawannya profesi ini terhadap perilaku tidak etis dalam bisnis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah persepsi dosen dan mahasiswa akuntansi terhadap etika bisnisdan apakah ada perbedaan antara persepsi dosen dan mahasiswa akuntansi terhadap etika bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dosen dan mahasiswa akuntansi terhadap etika bisnis dan juga untuk menguji secara empiris tentang perbedaan persepsi antara dosen dan mahasiswa akuntansi terhadap etika bisnis.

Analisis didasarkan dari 22 responden yaitu 11 dosen akuntansi dan 11 mahasiswa akuntansi semester VII, penelitian yang pengumpulannya dilakukan melalui kuesioner dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah data primer, metode analisis  data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas data untuk menguji kekonsitenan dan keakurasian data. Uji hipotesis menggunakan tekhnik analisis independen sampel T-test untuk menguji perbedaan persepsi antara dosen dan mahasiswa terhadap etika bisnis.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara dosen dan mahasiswa akuntansi sedangkan mean dari kedua persepsi yaitu  untuk persepsi dosen akuntansi sebesar 87,27 sedangkan untuk mahasiswa akuntansi sebesar 85,27 hasil penelitian ini terjadi karena dosen lebih memahami dari nilai-nilai prilaku etis dalam kode etik bisnis yang ada di kuesioner sedangkan mahasiswa belum begitu memahami karena mereka masih tahap pembelajaran terhadap persoalan etika.

Berdasarkan kesimpulan yang telah diperoleh maka peneliti memberikan saran dalam menghadapi tantangan di masa depan, dunia akuntansi khususnya dalam lingkungan pendidikan akuntansi harus lebih berfokus pada kemampuan teknis karena persiapan mahasiswa untuk memasuki dunia bisnis yang lebih banyak membutuhkan keahlian teknis. Pendidik harus lebih banyak memasukkan ulasan etis seperti isu etika ke dalam mata kuliah yang diajarkan misalnya memberi tugas untuk menganalisis sebuah kasus yang berkaitan dengan etika.

Diharapkan mahasiswa dapat menanamkan/meningkatkan kesadaran akan adanya dimensi etis dalam bisnis dan memperkenalkan argumentasi moral, khususnya di bidang ekonomi dan bisnis, serta dapat membantu pebisnis atau calon pebisnis dalam menyusun argumentasi moral yang tepat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.