FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETEPATAN WAKTU PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI PADA BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MUARA BELITI KABUPATEN MUSI RAWAS

ABSTRAK

 

Data Puskesmas Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas terjadi peningkatan jumlah ibu yang memberikan makanan pendamping ASI dari tahun 2010 sampai dengan 2012. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Ketepatan Waktu Pemberian Makanan Pendamping ASI Pada Bayi di wilayah kerja Puskesmas Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas

Penelitian ini menggunakan metode penelitiandeskriptif analitik menggunakan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai bayi usia 0-12 bulan tahun 2012 yang berjumlah 471 orang. Berdasarkan perhitungan di dapat sampel sebesar 40 orang ibu yang mempunyai bayi usia 0-12 bulan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling.

Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat untuk menggambarkan distribusi frekuensi dari variabel-variabel yang diteliti baik variabel independen(pengetahuan dan pendidikan) maupun variabel dependen (Waktu Pemberian MP ASI) dan analisa bivariat bertujuan untuk mengatahui hubungan dua variabel yaitu variabel independen dan variabel dependen dilakukan uji statistik menggunakan uji chi square.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan, pendidikan, sikap, budaya dan ketepatan waktu  dengan ketepatan waktu pemberian MP-ASI.

 Kata Kunci: Pengetahuan,Pendidikan,  Sikap, Budaya, Waktu Pemberian MP ASI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.