Metode Analisis Data Kualitatif dan Validitas dan Keabsahan Data

MetodeAnalisis Data Kualitatif

Reduksi data: Merangkum, memilih hal-hal pokok, memfokuskan hal-hal yang penting dicari tema dan polanya, dengan reduksi maka peneliti merangkum, mengambil  data yang pokok dan penting. Reduksi data pada penelitian ini merupakan proses pemilihan, pemusatan perhatian, pengabstraksian dan pentransformasian data kasar dari lapangan. Proses ini   berlangsung   selama   penelitian    dilakukan   dari   awal   sampai  akhir penelitian. Dalam proses reduksi ini peneliti benar-benar mencari data yang benar-benar valid sesuai dengan tujuan penelitian.

Dalam hal ini peneliti merangkum hasil wawancara yang diperoleh dari informan yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti.

Penarikan kesimpulan (verifikasi): Penyajian data dapat dilakukan dalam bentuk narasi, sehingga data yang diperoleh tersusun dalam pola hubungan sehingga lebih mudah untuk dipahami. Penyajian data memberikan kemungkinan untuk menarik kesimpulan dan pengambilan   tindakan.   Bentuk   penyajian bisa   berupa   teks  naratif  yang dikelompokkan menjadi satu kelompok atau lebih sesuai dengan rumusan masalahnya.

Dalam hal ini hasil wawancara yang diperoleh dinarasikan dengan jawaban jawaban informan yang saliang mendukung.

Data yang diperoleh dari reduksi dan display dipilih mana yang akan diambil dan mana yang akan kita buang sehingga didapatkan data  yang kita butuhkan. Tahap analisis data yang terakhir adalah menarik kesimpulan atau verifikasi. Makna-makna yang muncul dari data harus selalu diuji kebenarannya dan kesesuaiannya sehingga validitasnya terjamin. Dalam tahap ini peneliti membuat rumusan proposisi yang terkait dengan prinsip logika, mengangkatnya sebagai temuan penelitian.

Dalam hal hasil wawancara dengan berapa informan diambil kesimpulannya, sehingga dapat diperoleh permasalahan yang terjadi.

 Validitas dan Keabsahan Data

Pengujian keabsahan data akan memanfaatkan peneliti, sumber, metode dan teori, yaitu melakukan triangulasi kejujuran peneliti, triangulasi dengan sumber data, trangulasi dengan metode, dan triangulasi dengan teori (Sugiono, 2008:45). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik keabsahan data triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sebagai berikut:

Triangulasi Sumber: Triangulasi Sumber untuk menguji kredibilitas data yang dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh dari beberapa sumber. Dalam hal ini peneliti melakukan pengumpulan data melalui wawancara mendalam (in depth interview) pada beberapa sumber yang berkaitan secara langsung.

Triangulasi Teknik: Triangulasi Teknik untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Dalam hal ini peneliti melakukan pengumpulan data melalui wawancara mendalam (in depth interview) dann observasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.