Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

PHBS adalah suatu upaya peningkatan pengetahuan, kesadaran, kemampuan, dan kemauan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat bagi pribadi, keluarga, dan masyarakat umum yang minimal dapat memberikan dampak yang bermakna terhadap kesehatan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya dalam peningkatan derajat kesehatan, status gizi, pola hidup dan pemanfaatan sarana kesehatan lingkungan agar tercapai derajat kesehatan yang optimal (Depkes, RI 2007). PHBS di rumah tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif  dalam gerakan kesehatan di masyarakat (Depkes, RI 2006).

PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. PHBS dalam Rumah Tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar sadar, mau dan mampu mempraktekkan PHBS untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya, mencegah resiko terjadinya penyakit dan melindungi diri dari ancaman penyakit  serta berperan aktif dalam penggerakan dan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, tatanan rumah tangga sehat dapat diwujudkan dengan perilaku sehat dan lingkungan sehat. PHBS di Rumah Tangga merupakan suatu alat ukur untuk menilai keadaan atau permasalahan kesehatan di rumah tangga (Depkes, RI 2007).

Tujuan PHBS

Tujuan PHBS di rumah tangga antara lain: (Depkes, RI 2006)

  1. Meningkatkan dukungan dan peran aktif petugas kesehatan, petugas lintas sektor, media massa, organisasi masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), toko masyarakat, tim penggerak PKK, dan dunia usaha dalam pembinaan PHBS di rumah tangga.
  2. Meningkatkan kemampuan keluarga untuk melaksanakan PHBS dan berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.

Manfaat PHBS

Manfaat  PHBS di rumah tangga antara lain; (Depkes, RI 2006)

Bagi Rumah Tangga

  1. Setiap anggota keluarga meningkat kesehatannya dan tidak mudah sakit.
  2. Anak tumbuh sehat dan cerdas.
  3. Produktivitas anggota keluarga meningkat.
  4. Pengeluaran biaya rumah tangga dapat difokuskan untuk pemenuhan gizi keluarga, pendidikan dan modal usaha untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Bagi Masyarakat

  1. Masyarakat mampu mengupayakan lingkungan sehat.
  2. Masyarakat mampu mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan.
  3. Masyarakat memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada.
  4. Masyarakat mampu mengembangkan upaya kesehatan bersumber kesehatan (UKBM) seperti posyandu, jaminan pemeliharaan kesehatan, tabungan ibu bersalin (TABULIN), arisan jamban, kelompok pemakai air, ambulans desa dan lain-lain.

 Bagi Pemerintah kabupaten/kota

  1. Peningkatan persentase rumah tnagga sehat menunjukkan kinerja dan citra Pemerintah Kabupaten/Kota yang baik.
  2. Biaya yang tadi dialokasikan untuk menanggulangi masalah-masalah kesehatan  dapat dialihkan untukj pengembangan lingkungan yang sehat dan penyediaan sarana pelayanan kesehatan yang merata, bermutu dan terjangkau.
  3. Kabupaten/kota dapat dijadikan pusat pembelajaran bagi daerah lain dalam pengembangan PHBS di rumah tangga.

 Jenis-jenis indikator

Jenis indikator ada 3, yaitu indikator input, indikator process dan indikator output/outcome. Apabila diuraikan sebagai berikut: (Depkes, RI 2002).

Indikator Input

Indikator yang berkaitan dengan penunjang pelaksanaan program dan turut menentukan keberhasilan program. Seperti: tersedia air bersih, tersedia jamban yang bersih, tersedia tempat sampah,dll.

Indikator Proses

Indikator yang menggambarkan bagaimana proses kegiatan/program berjalan atau tidak. Seperti terpelihara tempat penampungan air, tersedia alat pembersih jamban, digunakan dan dipeliharanya tempat sampah dan lain-lain.

Indikator output/outcome

Indikator yang menggambarkan bagaimana hasil output suatu program kegiatan telah berjalan atau tidak. Seperti digunakannya air bersih, digunakannya jamban, di halaman dan di dalam ruangan dalam keadaan bersih dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.