GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PENCEGAHAN DAN PERAWATAN ANAK DENGAN GASTROENTERITIS

ABSTRAK
Penyakit Gastroenteritis adalah radang dari lambung dan usus yang memberikan gejala klinis diare dengan atau tanpa disertai muntah-muntah dengan defikasi yang tidak normal, baik frekuensi maupun konsistensinya yang frekuensinya lebih dari 4 kali sehari. Dalam perawatan dan pencegahan penyakit Gastroenteritis sangat terkait dengan pengetahuan ibu.
Penelitian dilaksanakan di Ruang Rawat Inap Melati (C2) RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu. Bertujuan untuk mengetahui  pengetahuan Ibu tentang pencegahan dan perawatan penyakitGastroenteritis pada anak di ruang Rawat Inap Melati (C2)  RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu tahun 2005.
Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan sampel berjumlah 20 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dianalisa dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi.
Dari penelitian didapat hasil bahwa ibu yang mempunyai pengetahuan baik  60% dalam pencegahan penyakit Gastroenteritis, sedangkan pengetahuan ibu tentang perawatan terhadap penyakit Gastroenteritis adalah sebesar  40%.
Dari seluruh responden tampak bahwa sebagian besar ibu mempunyai pengetahuan baik dalam pencegahan terhadap penyakit Gastroenteritis, sedangkan dalam perawatan terhadap penyakit Gastroenteritis  sebagian kecil ibu adalah kurang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.