Faktor Faktor Resiko Terjadinya Hipertensi Di Lihat Dari Ganetik Dan Karakteristik

ABSTRAK
Penyakit hipertensi merupakan peningkatan tekanan darah yang memberi gejala yang berlanjut untuk suatu target organ, seperti stroke untuk otak, penyakit jantung koroner untuk pembuluh darah jantung dan untuk otot jantung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi faktor Genetik dan faktor karakteristik Usia dan jenis kelamin serta Diketahui hubungan faktor Usia, jenis kelamin dan genetik dengan kejadian Hipertensi di Puskesmas Nusa Indah Kota Bengkulu.
Jenis penelitian analitikdengan rancangan cross sectional. Populasi seluruh pasien Hipertensi yang berkunjung di wilayah kerja Puskesmas Nusa Indah Kota Bengkulu Tahun 2011 yang berjumlah 1.600 orang. Berdasarkan perhitungan di dapat sampel sebesar 40 pasien yang berkunjung di wilayah kerja Puskesmas Nusa Indah Kota Bengkulu Tahun 2011. Tehnik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Analisa data dalam penelitian ini adalah analisis univariat yang bertujuan untuk menggambarkan distribusi frekuensi masing-masing variabel penelitian dengan menggunakan ukuran proporsi.
Hasil penelitian ada hubungan Genetik  dengan kejadian Hipertensi di Puskesmas Nusa Indah Kota Bengkulu, ada hubungan Usia dengan kejadian Hipertensi di Puskesmas Nusa Indah Kota Bengkulu, dan ada hubungan Jenis Kelamin dengan kejadian Hipertensi di Puskesmas Nusa Indah Kota Bengkulu.
Saran Penelitian bagi Puskesmas dan petugas kesehatan penelitian ini dapat dijadikan masukan dan informasi mengenai faktor resiko penyakit Hipertensi, sehingga dapat bermanfaat badi Puskesmas dan Petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kata Kunci: Genetik, Karakteristik Usia dan Jenis Kelamin, Hipertensi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.