Gambaran Kejadian Anemia Pada Penderita Penyakit Malaria Di Ruang Melati

ABSTRAK
Penyakit malaria merupakan penyakit endemik di Propinsi Bengkulu dengan angka kejadian yang belum terlihat adanya penurunan yang cukup berarti. Penyakit malaria perlu mendapat perhatian karena akibat yang dapat ditimbulkannya pada penderita. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran  kejadian anemia Pada penderita Penyakit Malaria.
Telah dilakukan penelitian di RSUD Dr.M.Yunus Bengkulu, tentang penyakit malaria dengan kejadian anemia, dari 28 Juni sampai 12 Juli Tahun 2008, dengan responden sebanyak 41 orang penderita penyakit Malaria. Data yang diambil adalah data Sekunder, menggunakan distribusi frekuensi dan tabel silang, metode penelitian ini adalah deskriptif dengan Desain penelitian cross sectional, menggunakan objek penelitian total populasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lebih banyak penderita penyakit malaria yang mengalami anemia daripada tidak anemia. 27 orang (65,9%) responden yang mengalami anemia.  14 orang (34,1%) responden yang tidak anemia.
Di harapkan agar pihak RSUD Dr.M.Yunus Bengkulu baik petugas medis maupun keperawatan dapat meningkatkan penyuluhan terutama materi tentang penyakit malaria, akibat dari malaria dan perawatan pada penderita penyakit malaria.
Kata Kunci : Penyakit Malaria, Anemia

iv

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.