Gambaran Kejadian Penyakit Jantung Koroner Ditinjau Dari Umur, Jenis Kelamin dan Kebiasaan Merokok Di Ruang Poliklinik Jantung

ABSTRAK
         Penyakit jantung koroner merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Negara Indonesia salah satunya merupakan negara yang penyakit jantung koronernya tinggi. Di Bengkulu penyakit ini termasuk penyakit yang cukup menakutkan. Banyak faktor – faktor yang mempengaruhi penyakit jantung koroner. Beberapa  faktor resiko dari penyakit jantung koroner adalah umur, jenis kelamin dan kebiasaan merokok. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran kejadian penyakit jantung koroner ditinjau dari umur, jenis kelamin dan kebiasaan merokok diruang poliklinik jantung RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu.
          Telah dilakukan penelitian di poliklinik jantung RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu dengan desain  penelitian survey deskriptif dengan pendekatan cross – sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang terdiagnosa penyakit jantung koroner yang datang dari tanggal 26 Juni s.d 8 Juli 2008 dengan sampel 40 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan accidental sampling.
          Dari hasil penelitian didapat bahwa penderita penyakit jantung koroner ditinjau dari umur adalah ³ 35 tahun dengan jumlah pasien seluruhnya yaitu 40 orang (100%) dan dari jenis kelamin sebagian besar adalah laki – laki dengan jumlah 24 orang (60%) sedangkan untuk kebiasaan merokok adalah perokok dengan jumlah 25 orang (62,5%).
           Dari hasil penelitian ini, didapat bahwa penyakit jantung koroner bisa disebabkan oleh karena umur, jenis kelamin dan kebiasaan merokok. Oleh karena hal tersebut maka diperlukan penanganan yang serius pada pasien yang menderita penyakit jantung koroner dengan pemberian informasi atau pendidikan kesehatan dengan cara penyuluhan.
Kata kunci : Penyakit jantung koroner, umur, jenis kelamin dan kebiasaan merokok  

Diterbitkan oleh Hadi Saputra, SKM., M.Si.

Hadi Saputra, SKM, M.Si anak dari Alm Subhan Rubama dan Azizah mempunyai seorang istri bernama Harpi Nusanti, SKM dan Empat orang anak perempuan yang bernama Lubna Afiyah, Mazaya Afifah, Alilah Afiqah, dan Alayyah Afinah Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik S2 Ilmu Administrasi Universitas Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: