GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG CARA PERAWATAN PASIEN FRAKTUR DI RUMAH DITINJAU DARI PENDIDIKAN KESEHATAN YANG DILAKUKAN PERAWAT DI RUANG SERUNI

ABSTRAK
  
Dalam proses penyembuhan dan perawatan pasien fraktur, peran perawat seperti memberikan pendidikan kesehatan kepada keluarga pasien sangatlah penting. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan keluarga tentang cara perawatan pasien fraktur di rumah ditinjau dari pendidikan kesehatan di ruang Seruni Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Bengkulu tahun 2008.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, pengambilan data dilakukan dengan menggunakan data primer, pelaksanaan penelitian ini dilakukan di ruang Seruni Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh keluarga yang mengalami fraktur dan sample dalam penelitian ini adalah accidental  sampling.
Dari hasil penelitian apabila dilihat dari pengetahuan frekuensi tertinggi (55%) yaitu 11 orang berpengetahuan kurang dalam perawatan pasien fraktur di rumah. Apabila lihat dari pendidikan kesehatan frekuensi tertinggi 10 orang (50%) adalah responden yang menyatakan perawat cukup memberikan pendidikan kesehatan tentang perawatan pasien fraktur di rumah. Responden dengan tingkat pengetahuan baik hanya 3 orang (100%) merupakan responden yang mendapatkan pendidikan kesehatan dengan baik. Pada responden dengan tingkat pengetahuan cukup persentase tertinggi adalah responden yang menyatakan pendidikan kesehatan cukup yaitu 5 orang (83,3%) dan responden dengan tingkat pengetahuan kurang persentase tertinggi adalah responden yang menyatakan pendidikan kesehatan kurang yaitu 5 orang (54,5%).
Diharapkan kepada perawat ruangan agar lebih meningkatkan pendidikan kesehatan kepada keluarga pasien fraktur agar fraktur yang terjadi tidak menjadi lebih parah dan terhindar dari komplikasi.
Kata kunci : Pengetahuan, Fraktur, Pendidikan Kesehatan


Diterbitkan oleh Hadi Saputra, SKM., M.Si.

Hadi Saputra, SKM, M.Si anak dari Alm Subhan Rubama dan Azizah mempunyai seorang istri bernama Harpi Nusanti, SKM dan Empat orang anak perempuan yang bernama Lubna Afiyah, Mazaya Afifah, Alilah Afiqah, dan Alayyah Afinah Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik S2 Ilmu Administrasi Universitas Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: