HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN DAN STATUS GIZI DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI PUSKESMAS

ABSTRAK
Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) merupakan suatu penyakit pernafasan akut yang ditandai dengan gejala batuk, pilek, serak, demam dan mengeluarkan ingus atau lendir yang berlangsung sampai dengan 14 hari. Selain dipengaruhi oleh kondisi lingkungan kejadian ISPA juga ditentukan oleh  status gizi balita, balita yang kurang gizi mempunyai risiko meninggal lebih tinggi dibandingkan balita yang tidak kurang gizi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kondisi lingkungan dan status gizi dengan kejadian ISPA pada balita di Puskesmas Sukamerindu Kota Bengkulu tahun 2008.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan populasi seluruh balita yang berobat di Puskesmas Sukamerindu Bengkulu. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di Puskesmas Sukamerindu Bengkulu dengan teknik sampel yang digunakan yaitu Accidental  Sampling.
Dari hasil penelitian terhadap 42 orang responden, apabila dilihat dari kondisi lingkungan terhadap kejadian ISPA didapatkan uji chi-square dengan X2 hitung  3,008 > X tabel 3,841 dengan nilai p = 0,00 dimana p < α pada taraf signifikan 5% (α = 0,05) dan df = 1 sehingga Ha diterima atau Ho ditolak dimana hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara kondisi lingkungan dengan kejadian ISPA pada anak balita dan apabila dilihat dari status gizi terhadap kejadian ISPA didapatkan uji chi-square dengan X2 hitung  3,008 > X tabel 3,841 dengan nilai p = 0,00 dimana p < α pada taraf signifikan 5% (α = 0,05) dan df = 1 sehingga Ha diterima atau Ho ditolak dimana hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara status gizi dengan kejadian ISPA pada anak balita di Puskesmas Sukamerindu Bengkulu.
Diharapkan pihak Puskesmas Sukamerindu dapat mengadakan penyuluhan mengenai penyebab dan cara penangulangan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) pada balita terutama penanggulangan terhadap kebersihan lingkungan dan cara meningkatkan status gizi pada balita.
Kata kunci : Kondisi Lingkungan, Status Gizi, Kejadian ISPA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.