HUBUNGAN PENGETAHUAN KELUARGA DENGAN TINDAKAN PEMBERIAN OBAT TETES MATA PADA PASIEN POST OPERASI KATARAK DI POLI MATA

ABSTRAK

Berdasarkan data pada bulan April tahun 2010 di Poli Mata RSUD Dr. M. Yunus  Bengkulu jumlah kunjungan pasien pada Poli Mata sebanyak 772 orang, sedangkan yang menderita Katarak sebanyak 136 (17,61%) sedangkan post operasi katarak sebesar 14 (10,3%) orang melakukan kontrol ulang, sebesar 11 (8.08%) orang sembuh total, dan sebesar 6 orang belum terlihat mengalami perubahan. Survei awal yang peneliti lakukan di poli mata RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu pada tanggal 1 Desember 2009, bahwa dari 2 orang keluarga yang memiliki anggota keluarga yang dirawat dengan post operasi katarak dimana mengeluh bahwa keluarga belum mengetahui tentang perawatan post operasi katarak dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan keluarga dengan tindakan pemberian obat Tetes Mata pada Pasien Post Operasi Katarak di Poli Mata RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu.
Penelitian ini bersifat observasi analitik dengan metode cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga pasien post operasi katarak yang melaksanakan kunjungan ulang di Poli Mata RSUD. Dr. M. Yunus Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 19 orang yang diambil secara total populasi. Analisis data dilakukan secara bertahap, yaitu analisis Univariat dan analisis Bivariat dan untuk melihat keeratan hubungan di gunakan uji tatistic chi square.
Hasil penelitian menunjukkan lebih dari separuh keluarga memiliki tingkat pengetahuan tidak baik (57.9%) orang dan lebih dari separuh keluarga dengan tindakan keperawatan tidak sesuai (63.2%) serta ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan keluarga dengan tindakan perawatan pada penderita katarak di RSUD. Dr. M. Yunus Bengkulu.

Kata Kunci: Pengetahuan Keluarga, Tindakan Pemberian Obat Tetes Mata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.