Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Dengan Pencegahan Kekambuhan Pasien Asma Di Poliklinik Paru

ABSTRAK
Di Indonesia, Asma masuk dalam sepuluh besar penyebab kesakitan dan kematian, dengan jumlah penderita pada tahun 2002 sebanyak 12.500.000. Survei Kesehatan Rumah Tangga tahun 2005 mencatat 225.000 orang meninggal karena Asma. Prevalensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Tingkat Pendidikan dan Tingkat Pengetahuan Pasien Asma dengan Pencegahan Kekambuhan Penyakit Asma Di Poliklinik Paru RSUD Dr. M Yunus Bengkulu tahun 2013.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptifdengan rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Populasi semua pasien Asma Bronkiale yang datang berkunjung ke poli paru RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu pada tahun 2012 yang berjumlah 427 orang. Berdasarkan perhitungan di dapat sampel sebesar 100 pasien Asma yang diambil menggunakan accidental sampling. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik adalah uji chi square dengan derajat kemaknaan 95%.
Hasil Penelitian menujukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara Tingkat pendidikan dengan pencegahan kekambuhan penyakit dan terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan pencegahan kekambuhan penyakit asma Di Poliklinik Paru RSUD Dr. M Yunus Bengkulu tahun 2013.
Kata Kunci: Pendidikan, Pengetahuan, Pencegahan Kekambuhan Asma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.