UPAYA PENCEGAHAN INFEKSI SALURAN KEMIH (ISK) DITINJAU DARI PROSEDUR PEMASANGAN KATETER OLEH PERAWAT

ABSTRAK 
Data komite PPI RSUD Dr. M Yunus di ruangan IGD tahun 2008 jumlah pasien 4.117 dengan kejadian ISK 8 (0,82) orang, 2009 jumlah pasien 4.350 dengan kejadian ISK 7 orang (0,16), dan 2010 jumlah pasien 5.119 dengan kejadian ISK 3 orang (0,02). Survey awal dari 10 orang pasien terpasang kateter urin sebagian besar fiksasi verban betadin tidak terpasang pada tempatnya atau telah terlepas dan saat wawancara terhadap pasien ternyata verban betadin belum pernah diganti sejak kateter urin terpasang pada saat mereka masuk ruang IGD. Hasil observasi terhadap perawat yang melakukan pemasangan kateter, ternyata masih ada perawat yang tidak mencuci tangan, tidak mempersiapkan alat dengan steril, alat-alat tidak mencukupi, sehingga memungkinkan pasien potensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya  pencegahan infeksi saluran kemih, prosedur pemasangan kateter dan mengetahui upaya pencegahan infeksi saluran kemih ditinjau dari prosedur pemasangan kateter.
Jenis penelitian deskriptifrancangan cross sectional. Populasi seluruh perawat pelaksana di RSUD Dr. M. Yunus yang bertugas melakukan pemasangan kateter pada pasien yang berjumlah 38 orang diambil secara total sampling. Analisis univariat dengan maksud untuk menggambarkan distribusi skor masing-masing variabel. Dalam penelitian ini setelah kuesioner dikumpulkan, maka data kuesioner dilakukan perekapan. Kemudian peneliti menyajikan data kedalam pembahasan dalam bentuk distrubusi skor.
Penelitian menunjukkan upaya pencegahan pemasangan kateter baik dan Penelitian menunjukkan bahwa prosedur pemasangan kateter tinggi. Kepada perawat RSUD Dr. M. Yunus hendaknya dapat meningkatkan upaya pencegahan infeksi dengan mencuci  tangan sebelum memasang kateter pada pasien, selain itu perawat juga hendaknya melakukan tindakan pemasangan kateter sesuai dengan prosedur yang ada, agar tidak terjadinya infeksi pada saluran kemih pasien

Kata Kunci: Pencegahan Infeksi Saluran Kemih, Prosedur Pemasangan Kateter

Diterbitkan oleh Hadi Saputra, SKM., M.Si.

Hadi Saputra, SKM, M.Si anak dari Alm Subhan Rubama dan Azizah mempunyai seorang istri bernama Harpi Nusanti, SKM dan Empat orang anak perempuan yang bernama Lubna Afiyah, Mazaya Afifah, Alilah Afiqah, dan Alayyah Afinah Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik S2 Ilmu Administrasi Universitas Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: