GAMBARAN FAKTOR RESIKO TERJADINYA SKIZOFRENIA DI RUANG IPC RUMAH SAKIT JIWA

ABSTRAK
Skizofrenia adalah suatu gambaran jiwa yang terpecah belah, adanya keretakan atau disharmoni antara proses pikir, perasaan dan perbuatan. Hasil wawancara dengan pegawai Rumah Sakit Jiwa Ketergantungan Obat Soeprapto Bengkulu, sebagian besar penderita Skizoprenia dikarenakan faktor psikologi dan sosial seperti ketidakmampuan menghadapi permasalahan yang menimpanya. Penelitian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor sosial, dan psikologis di Ruang IPC Rumah Sakit Jiwa Ketergantungan Obat Soeprapto Bengkulu.
Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan rancangan cross sectional Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh keluarga pasien yang anggota keluarganya mengalami Skizofrenia yang dirawat di Ruang IPC Rumah Sakit Jiwa Ketergantungan Obat Soeprapto Bengkulu pada bulan Juli 2011 yang berjumlah 30 orang yang diambil secara total sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 responden, sebanyak (26.7%) pada penderita skizofrenia mengalami faktor sosial yang keadaan merugikan dan hasil penelitian menunjukkanbahwa dari 30 responden, sebanyak (63.3%) pada penderita skizofrenia mengalami faktor psikologis yang merugikan.

Kata Kunci: faktor sosial, psikologis, dan skizofrenia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.