Gambaran Tingkat Kecemasan Orang Tua Yang Anaknya Mengalami Hospitalisasi Ditinjau Dari Tingkat Pengetahuannya Di Ruang Melati

ABSTRAK
Hospitalisasi merupakan suatu proses yang karena sesuatu alasan baik terencana atau darurat, mengharuskan anak untuk tinggal di Rumah Sakit, menjalani terapi dan perawatan sampai pemulangan kembali ke rumah. Salah satu reaksi yang timbul dari orang tua adalah cemas.Untuk itu orang tua pun dituntut memiliki pengetahuan yang cukup, sehingga tidak bertindak tegesa-gesa dan cemas yang berlebihan saat anaknya sakit dan dirawat di Rumah Sakit Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan orang tua yang anaknya dirawat ditinjau dari tingkat pengetahuan.
Telah dilakukan penelitian di wilayah kerja RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu, tentang gambaran tingkat kecemasan orang tua yang anaknya dirawat ditinjau dari tingkat pengetahuan di Ruang Melati RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu Tahun 2008 dari bulan Mei s/d Juli 2008 dengan responden sebanyak 20 orang. Desain penelitian adalah menggunakan metode deskriptif dengan sampel dipilih secara Accidental Sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan data primer,dianalisa dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi.
Dari hasil penelitian didapatkan 12 orang (60 %) mengalami kecemasan sedang dengan tingkat pengetahuan kurang, cemas ringan 5 orang (25 %) dengan tingkat pengetahuan cukup dan 3 orang (15 %) dengan tingkat pengetahuan kurang.
Diharapkan perawat di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu khususnya di ruang perawatan anak, orang tua sebaiknya diberitahu segala sesuatu yang berhubungan dengan perawatan dan pengobatan anaknya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengembangkan upaya penyuluhan pada orang tua anak untuk mencegah kecemasan menjadi panik sebagai upaya promotif dan preventif.

Kata kunci : Kecemasan, Pengetahuan, hospitalisasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.