GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN DIABETES MELITUS DITINJAU DARI PENDIDIKAN PASIEN DIABETES MELITUS DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM

ABSTRAK
Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit tidak menular yang ditandai kenaikan kadar glukosa dalam darah atau hiperglikemia. Gula darah pasien diabetes melitus bisa normal atau mendekati normal dengan cara mengatur pola makan pasien dengan baik dan benar. Hal ini disebabkan minimnya informasi atau pengetahuan dan pendidikan yang didapat oleh pasien diabetes melitus itu sendiri. Penelitian ini untuk mengetahui Gambaran tingkat pengetahuan pasien diabetes melitus ditinjau dari pendidikan pasien diabetes melitus di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Bengkulu Tahun 2008.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, pelaksanaan penelitian ini dilakukan di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien diabetes melitus yang berobat di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Bengkulu dan sampel penelitian ini adalah Accidental Sampling.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 40 orang responden, sebagian besar responden yaitu 20 orang (50%) berpengetahuan kurang tentang diet dan hampir sebagian yaitu 18 orang (45%) yang berpendidikan dasar. Sebagian besar responden tingkat pengetahuan baik mempunyai pendidikan tinggi yaitu 9 orang (81,8%), pengetahuan cukup frekuensi tertinggi yaitu responden dengan pendidikan menengah yaitu 7 orang (77,8%) dan pengetahuan kurang frekuensi tertinggi yaitu responden dengan pendidikan dasar yaitu 16 orang (80%).
Diharapkan kepada perawat di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Bengkulu dapat memberikan penyuluhan tentang diet yang baik dan benar bagi penderita Diabetes Melitus.
Kata Kunci :  Pengetahuan, Pendidikan, Pola Makan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.